Politik

Pilbup Jeneponto Memungkinkan Tiga Paslon

BKM/KARKUL BERSAMA--Bupati Iksan Iskandar bersama Wakil Ketua DPRD Jeneponto Paris Yasir (kanan), sementara Wabup Mulyadi Mustamu bersama Ketua DPRD Jeneponto Muh Kasmin.

JENEPONTO, BKM–Pemilihan bupati (Pilbup) Jeneponto pada 2018 mendatang sangat memungkinkan diikuti sedikitnya tiga pasangan calon (Paslon).
Paslon pertama yakni petahana Iksan Iskandar yang berpeluang berpaket dengan Wakil Ketua DPRD Jeneponto dari Partai Gerindra H Paris Yasir, sementara Wabup Mulyadi Mustamu berpeluang menggandeng Ketua DPRD dari Partai Demokrat Muhammad Kasmin Makkamula. Adapun pasangan ketiga yakni Syamsuddin Karlos dari PAN disebut memungkinkan untuk berpasangan dengan Baharuddin Bj. “Bila ketiganya maju di Pemilukada maka pasti akan seru,”ujar akademisi DR H Rachman Rajab, Senin (30/1).
Menurut Rachman, kalau berbicara dukungan minimal 20 persen perolehan kursi DPRD Jeneponto, maka Iksan-Paris berpeluang didukung Golkar yang mengontrol 4 kursi di parlemen, Gerindra 4 kursi, PPP 3 kursi, PDIP 2 kursi dan PBB 2 kursi, sehingga koalisi gemuk paling sedikit 15 kursi karena masih ada kemungkinannya Partai Nasdem.
Untuk pasangan Wakil Bupati Mulyadi Mustamu bila deal dengan Muh Kasmin sepertinya sudah aman 8 kursi yang berasal dari Hanura 4 kursi serta Demokrat juga 4 kursi.
Jika Syamsuddin Karlos maju dan berpasangan dengan Barani atau Baharuddin Bj maka juga bisa mendapatkan usungan partai lebih dari cukup.
Selain itu, jika melihat ketiga pasangan ini sudah memiliki basis massa masing-masing yakni Kecamatan Bangkala dan Bangkala Barat. “Tiga tokoh diatas memiliki basis yang sama yakni Bangkala dan bangkala barat yakni Mulyadi, Baharuddin dan Paris,” jelas Rachman Rajab.
pemerhati politik yang juga Ketua LSM Gerak Jeneponto Hamzah Rapi mengemukakan bahwa manakala petahana Iksan Iskandar membangun koalisi gemuk, maka akan semakin sulit untuk ditumbangkan.
Tak hanya itu, posisi Sekkab Jeneponto H Syarif Krg Patta juga sangat berpengaruh jika mendukung salah satu paslon. Hal tersebut karena H Syarid mudah mengantongi dukungan 41 Kepala Desa atau hampir separuhnya dari 84 kepala yang ada. “Kalau dukungan Sekkab ke petahana? Pikkiri memangmako kalau mau dilawan Petahana tumbangnuji ada,”jelas Hamzah dengan dialeg bahasa makassarnya. (krk/rif/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top