Berita Kota Makassar | Pemprov dan Tiga Kabupaten/Kota Raih WTN
Headline

Pemprov dan Tiga Kabupaten/Kota Raih WTN

MAKASSAR, BKM — Hari ini, Selasa (31/1), sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sulsel akan menerima tropi maupun plakat Wahana Tata Nugraha (WTN) dari pemerintah pusat. Penghargaan tersebut diberikan kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.
Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaian tersebut.
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum dan Kepegawaian Dinas Perhubungan Sulsel, Pahlevi menyebut, penerima WTN tahun ini adalah Provinsi Sulsel, Kota Makassar, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bantaeng.
Selain itu, delapan kabupaten menerima penghargaan untuk kategori penataan lalulintas. Yakni Kabupaten Pinrang, Barru, Bulukumba, Wajo, Bone, Gowa, Luwu, dan Takalar.
”Sementara dua daerah menerima plakat WTN, yakni Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Timur,” kata Fahlevi, kemarin.
Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar telah berhasil mendapat sebanyak dua kali penghargaan WTN. Untuk kategori lalulintas di tahun 2011, dan WTN kategori angkutan jalan pada 2015. Tahun ini yang diraih adalah WTN penuh dengan dua kategori sekaligus, yakni lalu lintas dan angkutan jalan.
Penyerahan piala WTN berlangsung di Jakarta. Dilakukan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Pemberian penghargaan berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No.Kp 202.2017 tentang Penerimaan Penghargaan WTN untuk Pemerintah Kota Makassar Tahun 2016.
Untuk Pemprov Sulsel, berhasil meraih piala WTN Wiratama. Penghargaan tersebut diraih, karena 50 persen kabupaten/kota di provinsi ini mendapat penghargaan WTN berkategori.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas), Asiz Sila yang berada di Jakarta menyebutkan, WTN yang diraih Pemkot Makassar dalam kategori sebagai kota metropolitan atau kota besar.
”Penghargaan diraih setelah melalui beberapa tahapan penilaian yang dilakukan tim penilai dari pusat. Dalam penilaian, tim penilai yang hanya turun sekali dalam setahun melihat Kota Makassar telah berhasil menata prasarana lalulintas dan angkutan jalan,” jelas Asiz Sila, kemarin.
Apa yang diraih pemerintah kota saat, kata Asiz, merupakan bentuk pembuktian bahwa Pemkot Makassar telah berhasil dalam menjalankan program transportasi di 2016 dengan fokus menata prasarana lalu lintas dan angkutan jalan.
“Penghargaan ini diberikan Kementerian Perhubungan kepada kota-kota besar yang mampu menata transportasi publik. Salah satunya Kota Makassar,” ujarnya.
Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto yang telah mendapat undangan penyerahan piala WTN 2016. Diapun menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Makassar yang sangat berperan membantu menyukseskan setiap program pemerintah, khususnya dalam menata transportasi publik.
Danny, sapaan akrab wali kota, juga bertekad untuk lebih menjadikan prasarana lalulintas dan angkutan jalan di Kota Makassar terus membaik. “Ini sebuah kebanggaan, karena kita berhasil meraih penghargaan piala WTN 2016 penuh dengan dua kategori. Program di 2017, adalah benar-benar fokus memperbaiki transportasi publik,” terangnya.
Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bantaeng, Idham Kadir mengatakan, Bupati HM Nurdin Abdullah akan menerima langsung penghargaan tersebut di Istana Wapres. ”Insya Allah, Pak Bupati yang akan menerimanya,” ujarnya, kemarin.
Sekretaris Dinas Perhubungan Bantaeng, Muh Nur Alam Latif, mengatakan, kategori WTN yang diterima bupati yakni berkaitan masalah perlalulintasan. Indikatornya antara lain, keamanan dan kenyamanan pejalan kaki di atas pedestrian. Kesadaran masyarakat berlalulintas, serta kelengkapan rambu-rambu jalan.
Bupati Sinjai, H Sabirin Yahya melalui Kasubag Pemberitaan, Usman bersyukur dengan diterimannya penghargaan WTN penuh ini. Indikator yang jadi sasaran penilaian, diantaranya tertib lalulintas, penyelenggaraan angkutan, pengujian kendaraan bermotor serta fasilitas sarana dan prasarana LLAJ.
”Piala yang diterima merupakan keberhasilan mengikuti penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan tahun 2016. Ini kelima kalinya Sinjai mendapat penghargaan WTN kategori lalulintas. Kali ini berhasil meraih WTN penuh untuk kota kecil. Penghargaan tertinggi bidang perhubungan berhasil diraih untuk pertama kalinya. Penghargaan akan diterima Pak Bupati di Istana Wapres,” jelas Usman. (rhm-wam-din-arf/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top