Ditjen Perbendaharaan Perkenalkan Aplikasi SAKTI – Berita Kota Makassar
Metro

Ditjen Perbendaharaan Perkenalkan Aplikasi SAKTI

MAKASSAR, BKM — Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kementerian Keuangan Sulsel menggelar kegiatan ‘Perbendaharaan Menyapa’, Senin (30/1) di Gedung Keuangan Negara (GKN) melibatkan media dan akademisi.
Kegiatan itu, menurut Kepala Kantor Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Alfiker Siringoringo, untuk menyosialisasikan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat kerja-kerja Dirjen Perbendaharaan sekaligus memperkenalkan cara-cara pengelolaan APBN di daerah.
Ada yang menarik dari penjelasan Alfiker kepada peserta dari sejumlah perguruan tinggi tersebut. Diantaranya terkait program SAKTI.
Tahun ini, aplikasi tersebut akan diujicobakan kepada Satker di seluruh Indonesia.
Menurut Alfiker, program tersebut berbasis online. Satuan kerja (Satker) yang akan melakukan pencairan anggaran tidak perlu lagi datang ke kantor Ditjen Perbedaharaan untuk tujuan tersebut.
“Cukup menggunakan aplikasi SAKTI, proses bisa dilakukan via internet. Aplikasi tersebut menuntun Satker melakukan pencairan secara online. Uangnya nanti akan langsung ditransfer ke rekening Satker masing-masing,” kata Alfiker.
Dia mengatakan, SAKTI nantinya akan membuat kerja-kerja Ditjen Perbendaharaan maupun Satker semakin efektif. Selain itu, SAKTI juga dijamin akan menghindari terjadinya pungli.
“Teman Satker tidak perlu lagi datang ke KPPN. Dia tinggal klik klik saja,” jelasnya. Pada kesempatan itu, Alfiker juga mengimbau kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk memperhatikan proses pencairan anggaran agar penyerapannya bisa maksimal. Jangan sampai diakhir-akhir tahun anggaran baru menumpuk sehingga cukup repot penyelesaiannya.
Dia memberi contoh misalnya untuk proyek infrastruktur jalan, sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Selain fasilitas tersebut bisa digunakan secara maksimal oleh masyarakat jika dilakukan pada awal-awal penganggaran, pengurusan administrasinya juga tidak terburu-buru. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top