Air Tujuh Bidadari Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Air Tujuh Bidadari Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata

Bahar Mahmud

SOPPENG, BKM — Objek wisata di Kabupaten Soppeng yakni Air Tujuh Bidadari kini dikembangkan menjadi destinasi wisata.
Kades Citta Bahar Mahmud kepada BKM menjelaskan
objek wisata Air Tujuh Bidadari akan dijadikan permandian ini sebagai destinasi wisata baru. Saat ini pihaknya mulai membangun berbagai prasarana desa dan menempatkan pariwisata sebagai salah satu subjek pengembangan dan pendapatan daerah.
Ttahun ini jelas Kades melalui anggaran desa akan dibangun akses jalan yang memadai khusus untuk ke lokasi wisata Jompi Pitue
Selain Jompi Pitue, Kades yang dikenal cukup energik dan supel ini juga memperogramkan pengembangan sektor wisata lainnya termasuk yang sudah cukup dikenal adalah Permandian Alam Citta. Konon ceritanya mata air ditemukan pertama kali raja asal Bone saat datang berburu. Ketika kehabisan air maka rombongan raja kesana kemari mencari air dan ditemukan lah mata air tersebut.
Ditambahkan Kades bagi masyarakat setempat obyek wisata tersebut mempunyai cerita legendaris tersendiri yakni Jompi pitue. Dari cerita warga Andi Kiming, sedikit memberikan gambaran bahwa Jompi pitue konon ceritanya sebagai tempat para bidadari saat turun ke bumi dan sebagian cerita mempercayai bahwa mata air Jompi Pitue adalah dulu sebagai tempat mandinya para bidadari.
Hal tersebut dapat dilihat pada kebiasaan warga sekitar Citta masih sering terlihat bermain dan saling siram selepas pesta pernikahan dan syukuran panen dan kegiatan kegiatan syukuran lainnya
Karena masih banyak yang mempercayai sumber mata air suci dan bersih sehingga bagi perempuan yang berkunjung ditempat ini diharapkan untuk tidak turun mandi atau membasahi muka dengan air ini, karena ada kepercayaan berdasarkan cerita. Bila seorang perempuan yang sedang menstruasi membasuh wajah di salah satu dari tujuh saluran mata air tersebut, maka akan muncul beberapa ular di sekitar Jompi Pitue.
Karena , pesona alamnya dan hawanya yang sejuk serta berbagai cerita apakah itu hanya mitos, namun membuat kini Jompi Pitue yang di Desa Citta kini makin ramai dikunjungi.
Baik masyarakat Soppeng sendiri ataupun orang dari daerah lain khususnya pada akhir pekan atau hari libur. (fir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top