Metro

Kopel Kritik Reses Bertepatan Musrembang

MAKASSAR, BKM– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar telah mengagendakan reses di daerah pemilihan setiap legislator pada 30 Januari (hari ini). jadwal itu, sengaja disesuaikan dengan jadwal Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.
Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Sulsel, Musaddaq menilai ada niat terselubung Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Makassar yang menjadwalkan reses bertepatan dengan musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan.
“Jika sengaja dijadwalkan bersamaan dengan Musrenbang menurut kami itu tidak efektif karena ujung-ujungnya nanti tetap camat yang fasilitasi. Kesannya reses hanya formalitas dan hanya ikut-ikutan di acara musrembang,” ungkapnya saat dikonfirmasi, akhir pekan lalu.
Musaddaq juga menegaskan, saat musrenbang dilaksanakan akan rawan melakukan manipulasi data. Misalnya, absensi kehadiran peserta, penggunaan atau penyewaan perlengkapan reses maupun anggaran konsumsi peserta.
Padahal, kedua kegiatan itu harusnya dilaksanakan terpisah karena memiliki anggaran yang berbeda.
“Idealnya setelah Musrenbang baru dijadwalkan reses untuk menyatukan aspirasi masyarakat supaya tidak tumpang tindih,” katanya.
Menyikapi hal itu, Koordinator Badan Musyawarah DPRD Kota Makassar, Eric Horas menyatakan, jadwal itu disesuaikan dengan jadwal Musrembang tingkat kecamatan agar dewan lebih maksimal menyerap aspirasi warga. Termasuk, kata Eric, reses kali ini dipercepat agar tidak mengganggu jadwal kunjungan kerja dewan, apalagi tahun ini sejumlah agenda rapat akan digelar seperti pembahasan program legislasi daerah (Prolegda) yang jumlahnya mencapai 25 Ranperda.
“Reses dilaksanakan cepat, agar tidak mengganggu jadwal kunjungan kerja dan konsultasi dewan ke luar daerah saat pembahasan Ranperda. Jadi tidak ada pikiran-pikiran negatif menyatukan reses dengan musrembang,” jelasnya.

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top