Headline

Ichsan: Ini Hadiah Buat Saya

MAKASSAR, BKM — Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung Ichsan Yasin Limpo untuk maju di pemilihan gubernur (pilgub) Sulsel 2018 mendatang. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Zulkifli Hasan yang menyampaikannya.
Zulkifli dua kali menyebut Ichsan dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat berbicara di hadapan ratusan pengurus PAN dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel, Sabtu dan Minggu (29-30/1).
Dalam sambutan pada pelantikan serentak Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN se-Sulsel di Grand Clarion Hotel, Minggu (29/1), Zulkifli mengungkapkan pernyataan dukungan ke Ichsan.
“Saya ini dengan Pak Syahrul sangatlah dekat. Bahkan kami itu sudah dekat sebelum jadi seperti saat ini. Sehingga kalau berbicara mengenai kebangsaan, maka kami akan memiliki arah dan tujuan yang sama,” kata Bang Zul -panggilan akrab Zulkifli Hasan.
Oleh karena itu, kata dia, ada baiknya kepemimpinan Syahrul dilanjutkan di Sulsel. “Kepemimpinan Pak Syahrul di Sulsel itu mesti dilanjutkan. Saya kira pelanjutnya kan jelas. Dan semua itu saya kira kita semua sudah tahu, yakni Pak Ichsan,” jelas Bang Zul disambut applaus ratusan pengurus dan kader PAN.
Mantan Menteri Kehutanan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengingatkan kepada seluruh bupati dan wali kota se-Sulsel agar berhati-hati dalam menentukan pilihan pada politik. “Saya pikir para bupati dan wali kota di Sulsel mesti hati-hati dalam mengambil sikap secara politik pada pilgub mendatang,” ujarnya.
Dijelaskan Zulkifli, PAN adalah partai yang tidak pernah bermain secara sembunyi-sembunyi. Oleh karena itu, ketika masyarakat Sulsel mencari pemimpin yang amanah, maka Ichsan adalah salah satu tokoh yang masuk dalam kategori tersebut.
Sebelumnya, Zulkifi yang saat ini menjabat ketua MPR RI memberi sinyal dukungan dalam ajang silaturahmi bersama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di rumah jabatannya Jalan Sungai Tangka, Makassar, Sabtu (28/1).
Bang Zul juga mengungungkapkan optimismenya bila usungan PAN dapat memenangkan pilgub mendatang, meski tanpa berkoalisi dengan Partai Golkar. “Dua kali PAN memenangkan Syahrul Yasin Limpo di pilgub. Satu kali diantaranya berkoalisi dengan Golkar. Kalau nantinya Golkar sudah tidak mau, tak apa. PAN bisa menang tanpa Golkar,” tegas Bang Zul kemarin.
Diapun berpesan agar semua kader bekerja keras dalam memperjuangkan amanah rakyat. Sebab, menurutnya, cepat atau lambat masyarakat dapat menyadari mana wakilnya yang benar-benar bekerja untuk mereka. Ia juga berharap PAN dapat menjadi partai yang membawa kebaikan.
“Memang kita belum menjadi partai besar. Tapi sejalan dengan perkembangan dan kesadaran masyarakat akan politik, PAN akan menang. Ini soal waktu saja, dengan syarat teman-teman kerja keras. Kita enggak usah berkecil hati nomor lima, tapi bawa kebaikan,” pesan Zulkifli.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel, Ashabul Kahfi menyatakan, sistem pemilihan ketua DPD dan DPW PAN dilakukan dengan mekanisme formatur musyawarah mufakat, bukan voting. Namun, jika tidak menuai mufakat, maka keputusan menentukan ketua akan diserahkan kepada satu tingkat di atasnya.
Misalnya, DPD akan menyerahkan keputusan ke DPW. Dan DPW akan menyerahkan keputusan ke DPP.
Kahfi mengisahkan, seluruh pemilihan Ketua DPD PAN se-Sulsel tidak ada yang berakhir mufakat. “Makanya semua ketua DPD itu saya yang tentukan,” ucap Kahfi yang tak menampik, seluruh pemilih Ketua DPD PAN se-Sulsel penuh dengan dinamika.
Terkait isyarat dukungan PAN ke Ichsan yang baru saja tercoret dari posisi bendahara Golkar Sulsel, Kahfi yang tak lain adalah wakil ketua DPRD Sulsel ini mengatakan, keputusan mengusung Ichsan sebagai calon Gubernur Sulsel 2018 didasari atas pengalamannya menjabat sebagai bupati Gowa dua periode. Selain itu, juga didasari atas komunikasi dan hubungan yang baik yang dibangun selama ini.
“Saya kira secara tegas Pak Ketua umum juga sudah menyampaikan hal itu secara terbuka. Sehingga kita akan bekerja memaksimalkan apa yang sudah menjadi keputusan partai,” tuturnya.
Hal senada yang juga dikemukakan Ketua DPD PAN Makassar, Hamzah Hamid yang menyambut baik instruksi DPP PAN yang secara tegas mendukung Ichsan di pilgub.
“Kalau itu sudah menjadi instruksi partai, pasti kita akan laksanakan. Kita akan ikutkan nama Pak Ichsan dan sosialisasikan di setiap agenda kepartaian sebagai bentuk dukungan PAN di pilgub Sulsel,” jelasnya.
Terpisah, Ichsan Yasin Limpo mengaku menyambut baik dukungan PAN pada pencalonannya di pilgub Sulsel 2018. “Alhamdulillah, hari ini (kemarin) saya sudah mendapat dukungan dari PAN dan dipercayakan maju di pilgub Sulsel 2018. Ini adalah sebuah hadiah yang patut disyukuri,” tandasnya. (ita/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top