Disdik Tetap Dukung Sumbangan – Berita Kota Makassar
Metro

Disdik Tetap Dukung Sumbangan

DINAS Pendidikan (Disdik) Kota Makassar mendukung sepenuhnya pihak sekolah menerapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Makassar Nomor 54 Tahun 2014 yang mengatur tentang Sumbangan Sukarela Pendidikan Berkualitas (SSPB) di Kota Makassar untuk kepentingan perbaikan kualitas pendidikan di dalam sekolah.
Bahkan, jelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Disdik Kota Makassar sangat mendukung pihak sekolah meminta sumbangan sukarela kepada orang tua untuk pengadaan komputer dalam menunjang pelaksanaan UNBK.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan pihak sekolah dengan meminta dan mengambil sumbangan ke orang tua siswa bukanlah bentuk pungutan liar (Pungli). Setiap sumbangan dari orang tua yang masuk dikelola secara transparan oleh pihak sekolah. Orang tua siswa juga diminta untuk mengerti membantu sekolah dalam menunjang kualitas pendidikan di sekolah.
“Tidak masalah itu, kalau sekolah minta sumbangan untuk pengadaan komputer di sekolahnya jelang pelaksanaan UNBK. Itu sudah diatur dalam Perwali Nomor 54 Tahun 2014. Orang tua juga harus mengerti untuk membantu pihak sekolah sehingga fasilitas di dalam sekolah lengkap dan anak-anak dapat melaksanakan UNBK. Kalau fasilitasnya seperti komputer tidak ada, mauji orang tua kalau anaknya diikutkan ujian di sekolah lain,” kata Ismunandar, Minggu (29/1).
Hanya saja dalam penerapan Sumbangan Sukarela Pendidikan Berkualitas (SSPB), pihak sekolah diminta untuk tidak melakukan pemaksaan kepada orang tua yang kehidupannya miskin. “Kalau ada orang tua siswa yang keberatan datang langsung ke kami, apalagi kalau ada sekolah yang memaksa dan mengancam,” tegasnya.(arf)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top