Pemprov Siapkan Homecare untuk Lansia – Berita Kota Makassar
Metro

Pemprov Siapkan Homecare untuk Lansia

MAKASSAR, BKM — Indonesia termasuk lima besar negara yang berpenduduk lanjut usia terbanyak di dunia. Persoalan itu memiliki konsekuensi terhadap besarnya kebutuhan akan pelayanan dan perlindungan sosial lanjut usia.
Perlu upaya serius untuk mengantisipasi berbagai persoalan yang berkaitan dengan penuaan penduduk. Proses penuaan penduduk akan membawa implikasi terhadap berbagai aspek perencanaan pembangunan sosial, ekonomi, politik, dan sebagainya.
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan sebagai bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur, tentunya tidak ingin melihat para lansia menghadapi masa tuanya dengan sakit-sakitan.
“Kita menginginkan pasa lansia menikmati masa tuanya dengan bahagia, terbebas dari penyakit dan permasalahan sosial yang dihadapi, ” jelas Syahrul, di Balai Manunggal, Kamis (26/1).
Karena persoalan itu, dia sangat mengapresiasi ketika pemerintah pusat memiliki sejumlah program bagi kesejahteraan lansia.
Program yang paling menyentuh esensi adalah asistensi dan homecare. Untuk program Asistensi Sosial Lanjut Usia (Aslut).
Untuk program Aslut di Sulawesi Selatan, sasaran sebanyak 1.250 lansia di 18 kabupaten/kota dengan jumlah Rp200.000 per orang selama 10 bulan, dibayarkan langsung oleh PT POS.
Sementara untuk program homecare, melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), untuk di Sulsel sebanyak 500 lansia mendapatkan dana Rp850 ribu per oranf untuk setahun. Ditransfer melalui LKS di 3 kabupaten/kota yakni Parepare, Gowa, dan Makassar.
Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos, Marjuki mengemukakan, program tersebut sebenarnya sudah lama dilaksanakan, yakni sejak tahun 2006 untuk program asistensi dan tahun 2010 untuk Homecare.
Untuk program Asistensi, kata Marjuki, diberikan bantuan kepada lansia secara berkelanjutan sampai yang bersangkutan meninggal.
“Kami beri stimulan. Kriteria penerimanya sudah tidak bisa beraktifitas,” ungkapnya.
Sementara untuk program homecare, diberikan kepada usia lanjut untuk memenuhi kebutuhan dasarnya seperti popok dan tambahan nutrisi. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top