Sulselbar

Lancirang di Jatah 1.366 Sertifikat Prona

SOSIALISASI -- Badan Pertanahan Nasional Sidrap menggelar sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Kelurahan Lancirang, Rabu, (25/1).

SIDRAP, BKM — Sebanyak 1.366 bidang tanah di Kelurahan Lancirang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap mendaptakan Program Nasional Agraria (Prona) 2017 melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Kepala BPN Sidrap, Awaluddin dihadapan warga Lancirang saat menggelar sosialisasi PTSL di kantor Kelurahan Lancirang, Rabu, 25 Januari.
Berdasarkan Daftar Hasil Ketetapan Perpajakan (DHKP), ada 1.800 jumlah bidang tanah di wilayah Lancirang, yang baru bersertifikat kurang lebih 500 bidang tanah.
“Jadi yang belum memiliki sertifikat masih ada sekitar 1.366 bidang tanah. Na, inilah yang akan diberikan program tersebut,” katanya.
Dalam sosialisasi itu, pihak BPN Sidrap memberikan arahan-arahan tentang tahapan PTSL mulai dari persiapan, penyuluhan, pengumpulan data yuridis, pengelolaan data yuridis dan pembuktian hak.
Pemeriksaan tanah, pengumuman, pengesahan, penerbitan SK penetapan hak dan SK penegasan pengakuan hak. Kemudian ada penerbitan penyerahan sertifikat hingga pelaporannya.
Tujuan PTSL adalah untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata, dan terbuka serta akuntabel sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.
“Melalui sistem PTSL maka penyaluran sertifikat prona mengupayakan dalam satu desa, semua tanah yang belum mengantongi sertifikat semuanya akan diberikan sertifikat,” ucap Awaluddin.
Secara otomatis BPN tak diperbolehkan lagi menerbitkan beberapa sertifikat dalam satu desa. Sehingga nantinya dalam setiap tanah didaerah pedesaan yang belum mengantongi sertifikat bakal digilir mendapatkan program sertifikat prona.
Kasi Pengukuran BPN Sidrap, Bustam berharap bahwa pemerintah setempat segera membenahi batas-batas wilayahnya. “Hal ini agar nantinya dalam pengukuran bisa berjalan aman dan lancar,” katanya.
Menurutnya, setelah dilakukan pengukuran dan ternyata ada kelebihan bidang tanah sesuai yang telah ditentukan, maka pihak PBN Sidrap akan segera melaporkan ke Kanwil BPN Sulsel untuk mendapatkan tambahan jatah. (ady/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top