Jadikan Sampah Sebagai Sahabat – Berita Kota Makassar
Metro

Jadikan Sampah Sebagai Sahabat

HA Gani Sirman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup

MAKASSAR, BKM– Ketika berbicara soal tempat pembuangan akhir (TPA) yang terbenak dalam pikiran yakni bau busuk yang cukup menyengat, ulat dan lalat. Hanya saja, itu bisa diatasi jika semua pihak menginginkan Kota Makassar bersih dua kali tambah baik.

REPORTER: ARIF AL QADRY

Itulah yang dilakukan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, HA Gani Sirman.
Diawal menjabat sebagai Kepala DLH Makassar, Gani Sirman langsung bertindak menjalankan program kebersihan dengan cara melakukan pembenahaan serta penataan di dalam lokasi TPA Tamangapa.
Adanya perubahan kebersihan di TPA Tamanggapa membuat putra kelahiran Bulukumba ini tidak berpuas diri. Justru dirinya lebih fokus menciptakan inovasi program kebersihan untuk menekan penurunan volume sampah yang masuk setiap hari di TPA Tamangapa.
“Kesuksesan baru dapat dilihat dimana sampah-sampah yang masuk di TPA Tamangapa menurun dengan cara mengelola sampah yang ada. Setiap hari di per Januari, sampah yang masuk di TPA Tamangapa sebanyak 1.200 ton dan rata-rata sampah rumahan. Untuk itu, kita berupaya memberikan sosialisasi agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah miliknya untuk di daur ulang dan bernilai ekonomi,” kata Gani Sirman.
Bersihnya lokasi TPA Tamangapa, jelas mantan Asisten III Pemkot Makassar itu, tentu menjadi potensi Kota Makassar dapat kembali meraih penghargaan piala Adipura Paripurna yang akan diumumkan pada Juli mendatang. Kerjasama yang terjalin antara steakholder dan masyarakat sangat berpengaruh dalam mewujudkan ekspektasi pemerintah kota meraih piala Adipura Paripurna.
Menurut mantan Kadis Koperasi dan UKM itu, dirinya sama sekali tidak pernah merasa bosan dan tetap maksimal menjaga kebersihan di Kota Makassar. Sebab dirinya menganggap sampah adalah rekan yang jika diperlakukan dengan baik tentu dapat menghasilkan yang terbaik pula.
“Saya tidak pernah bosan dengan apa yang saya kerjakan ini. perubahan nyata yang terlihat menjadi dasar semangat saya untuk terus berjuang dalam bekerja membantu jadikan Makassar lebih baik. Apa yang saya lakukan juga tidak berarti tanpa adanya dukungan dari seluruh masyarakat khususnya jajaran DLH Makassar,” sebutnya.
Lebih jauh, kata dia, dalam bekerja, dirinya tidak memberikan dinding penghalang antara bawahan dan pimpinan. Sebab, jabatan yang dimiliki hanyalah nama, dan yang terpenting adalah bagaimana bersama-sama dapat mewujudkan program pemerintah kota untuk Kota Makassar lebih baik. “Semau karyawan di DLH Makassar itu adalah keluarga saya juga, yang siap membantu menjalankan program yang ada,” katanya.
Meski waktunya tergolong padat, Gani Sirman mengaku tetap meluangkan waktunya bersama keluarga yakni istri dan anak-anaknya. Bahkan tidak jarang, dirinya mengajak istri dan anak-anaknya untuk memantau kebersihan sebelum jalan-jalan.
“Saya jarang keluar sama keluarga karena mereka juga sudah mengerti kalau saya menjalankan amanah yang diberikan oleh negara. Dukungan itu juga menjadi semangat saya untuk terus bekerja dan bekerja,” jelasnya. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top