Eks Terminal Toddopuli Kumuh – Berita Kota Makassar
Metro

Eks Terminal Toddopuli Kumuh

MAKASSAR, BKM–Eks Terminal Toddopuli yang merupakan aset Pemerintah Kota Makassar makin terlihat kumuh. Sampah-sampah berserakan di dalam lokasi, dan sejumlah mobil bekas berbaris. Terkesan di lokasi itu difungsikan masyarakat sebagai bengkel mobil.

Belum lagi, lahan eks terminal dijadikan tempat menampung kendaraan bermotor yang kena tilang, pasar burung, hingga penampungan besi bangunan.
Sudah lima tahun lamanya, Pemerintah Kota Makassar menjanjikan akan memanfaatkan lahan tersebut untuk dijadikan taman dan ruang terbuka hijau, tetapi nyatanya belum diwujudkan.
Masyarakat yang ditemui BKM yang bermukim di sekitar lokasi eks Terminal, turut merasakan ketidaknyamanan melihat lahan eks terminal yang jorok dan kumuh. Mereka juga khawatirkan di lokasi itu dijadikan tempat aktifitas mesum dan perjudian. “Kami hanya meminta Pemkot Makassar mewujudkan janjinya untuk membangunkan ruang terbuka hijau di esk terminal, termasuk sarana bermain anak. Kami khawatir lokasi itu sudah dijadikan aktifitas judi sebab lokasinya gelap pada malam hari,” ujar Rahim, Kamis (26/1).
Menyikapi hal itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Pemerintah Kota Makassar, Erwin Syafruddin Haiyya menegaskan, Pemerintah Kota Makassar telah mendata serta menyelamatkan beberapa aset setelah melalui beberapa tahapan, seperti pengusutan, sertifikasi dan hasil putusan hukum yang dikeluarkan dari Mahkamah Agung.
Untuk itu, telah direncanakan lokasi di eks Terminal Toddopuli dibangun ruang terbuka hijau berupa taman. “Sudah ada beberapa aset yang kembali dikuasai Pemkot Makassar termasuk di bekas Terminal Toddopuli yang sudah turun putusan hukumnya dari MA. Di lokasi itu akan dibuat RTH,” jelas Erwin, kemarin.
Kepala Bagian Pertanahan Kota Makassar, Manai Sophian juga membenarkan, kalau pemerintah kota telah menguasai lahan eks terminal berdasarkan putusan hukum dari MA. Lokasi itu akan dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau. Hanya saja, jelas Manai, tidak semua lahan eks terminal Toddopuli dikuasai pemerintah kota, sebab sebagian lahan juga milik Perumnas.
“Saya belum tahu berapa luas aset yang kita miliki disana, yang pastinya ada juga asetnya Perumnas. Jadi terbagi dua. Itu berdasarkan putusan dari MA,” tegasnya.
Selain lahan eks terminal, Manai Sophian juga mengaku telah menguasai lahan di lapangan sepak bola di Jalan Hertasning, Kelurahan Bonto Makkio. “Lapangan Hertasning sudah menjadi aset Pemkot Makassar,” katanya. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top