Gojentakmapan

Edy Irate Bertekad Bangun Pemuda dan Olahraga

JENEPONTO, BKM — Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang baru dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) tentunya harus banyak belajar dulu, baik sebagai kepala dinas, sekretaris, kepala bidang, kepala seksi, dan staf.
”Semua harus lebih giat belajar dan bekerja dibandingkan SKPD lain yang sudah lama berdiri,” kata Kepala Dinas Dikpora Jeneponto, Edy Irate Karaeng Rate saat ditemui pada acara syukuran masuk kantor Dinas Dikpora, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Bontosunggu, Kamis (26/1).
Acara ini turut dihadiri Bupati Jeneponto, H Iksan Iskandar, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan, para kepala dinas, Camat Binamu, Agus Paledengi, Kabag Humas, Nasuhang Tangnga, serta staf Dispora.
Menurut Edy Irate, pemuda itu adalah aset masa depan dalam memajukan bangsa dan negara. ”Sebagai aset tergambar dari watak dan perilaku pemuda sekarang. Semoga dengan hadirnya Dispora, semua elemen pemuda dapat dirangkul, dibina, dan diarahkan agar menjadi pemuda tangguh bisa diandalkan sebagai masa depan bangsa khususnya di Kabupaten Jeneponto,” jelas Edy Irate.
Berbicara olahraga, mantan camat Binamu ini mengatakan, baik olahraga rakyat seperti sepakbola dan semua jenis olahraga, harus ditumbuhkembangkan. Tentunya dengan pasilitas sarana dan prasarana yang mamadai.
”Seperti stadion Mini Turatea, saya sudah laporkan ke bupati tentang kondisinya. Karena sudah tidak layak dan sudah tidak punya atap dimakan usia, itu waktu dibuat tahun 80-an. Dimana pada waktu itu, Bupati Jjeneponto dijabat H Palangkey Karaeng Lagu dan Sekda dijabat H Burhanuddin Karaeng Gasssing. Itu orangtua saya. Sampai sekarang stadion ini belum pernah direnovasi. Soal apakah direnovasi atau dipindahkan ke lokasi lain, nanti dilihat sinergi kreatif legislatif dan eksekutif,” jelasnya.
Untuk membangun area olahraga atau sport center dengan mengandalkan APBD Jeneponto, itu tidak cukup. Karena membutuhkan anggaran cukup besar, sampai puluhan miliar rupiah. ”Tapi nanti saya berusaha mencari dana di Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta. Karena sudah ada lahan seluas puluhan hektare. Tinggal mencari dana untuk dibangun. Sehingga Jeneponto semakin Gammara, ujar Edy Irate.
Bupati Jeneponto, H Iksan Iskandar Karaeng Ninra, mengatakan, dirinya salut dengan semangat Kadispora Edy Irate. Selain enerjik, muda, gagah, juga punya cita-cita mulia ingin membangun kerjasama dan memberdayakan pemuda. Sekaligus ingin memajukan prestasi olahraga.
”Semoga cita-cita dan tekadnya untuk mengharumkan nama Jeneponto baik tingkat provinsi, nasional dan kalau perlu sampai tingkat dunia agar Jenepontota semakin Gammara bisa tercapai,” kata Iksan Iskandar. (krk/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top