Metro

Pengerjaan Pedestrian Digenjot

MAKASSAR, BKM– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto melakukan peninjauan di tiga titik pembangunan pedestrian yang sampai saat ini masih berlangsung. Tiga pembangunan pedestrian yang ditinjau yakni Jalan Nusantara, Jalan Nusantara Baru dan Jalan Ujung Pandang yang mulai dikerjakan 2016 lalu.
Di Jalan Nusantara, Danny sapaan akrab Wali Kota Makassar menyebut kalau pembangunan pedestrian sebagai upaya pemerintah kota dalam menata kota termasuk penataan Jalan Nusantara yang dulunya dikenal sebagai kawasan prostitusi.
Apalagi, perubahan perwajahan Jalan Nusantara menjadi kawasan positif dilakukan bukan dengan cara penggusuran yang disertai tindak kekerasan seperti yang banyak terjadi di daerah lain. Namun dengan cara melakukan pembangunan pedestrian atas dukungan warga sekitar atau para pengusaha Tempat Hiburan Malam (THM).
“Dukungan yang ada dimana pengusaha THM mau mengubah bentuk bisnis usahanya dengan sukarela menjadi bisnis kuliner,” sebut Danny, kemarin.
Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Kota Makassar, Darlis menyebutkan, proyek pengerjaan pedestrian di Kota Makassar seperti di Jalan Nusantara, Jalan Nusantara Baru dan Jalan Ujung Pandang mendapat perpanjangan waktu 50 hari untuk diselesaikan sesuai dengan regulasi yang berlaku.
“Proyek ini tidak tuntas pada tahun lalu karena terjadi tender ulang. Tender ulang disebabkan rekanan tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Pekerjaannya memiliki konsep yang sama dengan pedistrian atau trotoar yang lebih dulu tuntas di Jalan Penghibur dan Jalan Pasar Ikan. Kita optimis tahun ini pekerjaan dapat tuntas sesuai tambahan waktu,” tegasnya.
Sejauh ini, progres pekerjaan ketiga pembangunan pedistrian sudah mencapai 70 persen yang dimana dalam pembangunan pedestrian menelan anggaran Rp6,84 miliar khusus di Jalan Nusantara Baru, Jalan Nusantara Rp12,18 miliar dan Jalan Ujung Padang sebesar Rp6,2 miliar, sesuai dengan tender yang dilaksanakan pada 2016 lalu.
Meski telah mengucurkan anggaran, Dinas PU Makassar tetap akan mengeluarkan anggaran sebesar Rp45 miliar untuk pembangunan penyempurnaan pedistrian di tahun ini dengan melalui tender. (arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top