Politik

Danny Harus Jeli Pilih Pasangan

MAKASSAR, BKM–Wali Kota Makassar Moh Ramdhan (Danny) Pomanto berpeluang kembali terpilih pada Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar 2018 mendatang, manakala kembali berpasangan dengan Syamsul Rizal alias Deng Ical sebagai calon wakil. “Danny bisa lebih kuat jika kembali merapat ke klan politik Ilham Arief Sirajuddin untuk mendekati Deng Ical, Andi Rahmatika Dewi alias Cicu atau bahkan istri Ilham Aliyah Mustika. Peluang Danny akan sulit manakala klan Ilham yang menjadi lawan politik Danny,”ujar dosen politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr Firdaus Muhammad, Rabu (25/1).
Menurut Firdaus, sebaiknya Danny melirik elit partai agar peluangnya menang semakin terbuka misalnya apetinggi Golkar dan Demokrat. “Selain Ical, peluang Danny juga besar jika bersama Farouk M Betta atau Aru, sementara jika Danny ingin mencari figur non partai untuk berpasangan tentu resiko politik akan sangat besar sehingga mesti dipertimbangkan dengan sangat jeli,”ujarnya.
Ditambahkan bila non partai seperti Husain Abdullah alias Uceng juga menjual, tapi beresiko karena masing-masing dari non partai begitu juga ketika maju melalui jalur independen juga berat. “Potensi kemenangan Danny juga bisa terulang jika mengandeng klan Syahrul Yasin Limpo(SYL) melalui Irman YL (None) atau Haris YL,”tambahnya.
Pengamat Politik dan Pemerintahan Unismuh, Luhur Andi Priyanto mengatakan posisi Danny sebagai petahana memberi keuntungan tersendiri dibanding dengan kandidat lainnya. Menurutnya, siapapun figur yang mendampingi Danny peluang kemenangan itu tetap ada.
Hanya saja menurutnya, Danny juga mesti menimbang figur yang tepat mendampinginya jika peluang bersama Ical untuk kembali berpaket sulit.”Sebaiknya figur wakil yang mendampingi Danny adalah orang bisa mengendalikan infrastruktur birokrasi atau memiliki basis partai politik,”terangnya. (ita/rif)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top