Sulselbar

Bupati Minta SKPD Laksanakan Program Secara Maksimal

BKM/ALALUDDIN SAMBUTAN -- Bupati Mamuju, H Habsi Wahid saat memberikan sambutan.

MAMUJU, BKM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) perdana. Langkah ini dilakukan sebagai konsolidasi pada organisasi perangkat daerah dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan tahun 2017.
”Rakerda ini merupakan momentum penyatuan presepsi dan gerak langkah aparatur pemerintah daerah. Sehingga penyelenggaraan program kegiatan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat terlaksana dengan maksimal,” kata Bupati Mamuju, H Habsi Wahid, pada Rakerda yang berlangsung di ballroom Hotel D’Maleo Mamuju, Senin (23/1).
Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Mamuju, H Irwan SP Pababari, SH MTP, Ketua DPRD Kabupaten Mamuju, Hj Sitti Suraidah, SE MSi, Kapolres Mamuju, Dandim 2418 Mamuju, Kajari, para asisten, jajaran SKPD, para camat, lurah dan desa, serta seluruh peserta Rakerda.
Menurut Habsi Wahid, konsolidasi yang baru dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No 16. ”Yang harus dilakukan adalah perlu ada kesamaan di dalam tugas dan tanggungjawab perangkat daerah. Ditahun 2017, dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) perlu terkoordinasi mulai dari tingkat SKPD sampai pada tingkat terbawah,” ujar Habsi.
Selain itu, tambahnya, tahun 2017 ini juga merupakan tahun kedua pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sejak dibuat tahun 2016. Sehingga, seluruh perangkat daerah perlu satukan presepsi melihat kebijakan dan pelaksanaannya sampai tingkat bawah. Sekaligus menerapkan program prioritas pembangunan daerah.
”Untuk tahun 2017, ada lima yang pertama adalah peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan, pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi yang berbasis pertanian serta diperkuat ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) serta penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan itu prioritas,” tegasnya.
Lanjut dikatakan, sasaran utama dari pemerintahannya adalah pertumbuhan ekonomi yang sekarang mencapai 7,7 persen dapat lebih ditingkatkan. Diharapkan setiap tahunnya lebih baik lagi. Kemudian angka kemiskinan juga masih berada di 6 persen lebih serta angka pengangguran juga berkisar 1 persen lebih.
Olehnya itu, untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan menekan angka kemiskinan tentu ujungnya bagaimana mengaplikasikan APBD 2017 sehingga bisa dirasakan masyarakat. Karena itulah, kita melakukan rapat kerja daerah supaya seragam kita menafsirkan kebijakan. Dengan demikian, sasaran kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan bisa tercapai,” pungkasnya.
Selepas itu, dilanjutkan pemberian materi yang dipaparkan wakil bupati Mamuju, ketua DPRD Mamuju, Kapolres Mamuju, Dandim 1418 Mamuju, Kajari, dan berlanjut ke pemateri lainnya. (ala/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top