Teliti Pakan Ternak Antar Rinduwati Raih Doktor – Berita Kota Makassar
Metro

Teliti Pakan Ternak Antar Rinduwati Raih Doktor

MAKASSAR, BKM– Meneliti lahan pengembalaan sapi potong di sejumlah titik di Kabupaten Gowa mengantar dosen Fakultas Pertanian Unhas, Rinduwati meraih doktor, Senin (23/1).
Rinduwati mempertahankan disertasinya di depan Ketua Tim Promotor Prof H Syamsuddin Hasan, Prof Jasmal A Syamsu, Dr Daniel Useng selaku Ko-Promotor. Termasuk Tim Penguji Prof H Syamsuddin Rasjid, Prof Asmuddin Natsir, Prof H Ambo Ako dan Dr Budiman Nohong, serta Dr Andi Ella, sebagai penguji eksternal di Aula Prof Dr Hardjoeno, lantai 2 Pascasarjana Unhas.
Di depan tim penguji, Rinduwati memaparkan penelitiannya terkait bagaimana menginventarisasi sumber hijauan pada padang penggombalaan sebagai pakan sapi potong di Kabupaten Gowa, serta mengetahui kualitas dan kuantitas pakan pada lahan pengembalaan. Termasuk bagaimana mengembangkan dan membangun metodologi untuk sumber daya pakan hijau pada padang penggembalaan di Kabupaten Gowa tersebut dengan metode spasial.
“Ada sebanyak 18 kecamatan di Gowa yang dijadikan survei, seperti mengukur luas lahan dan daya dukung,” ujarnya.
Olehnya itu, jelas Rinduwati, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa sumber hijauan yang menjadi pakan sapi potong di Kabupaten Gowa berasal dari padang penggembalaan alam dan kebun hijauan. Terdapat dua macam lahan yang paling umum menjadi lahan penggembalaan sapi potong, yaitu padang rumput yang berupa semak belukar dan tegalan atau pertanian lahan kering.
Produksi segar hijauan pada musim kemarau sebesar ton/ha, sedangkan pada musim hujan sebesar 5,35 ton/ha. Kapasitas tampung pada musim kemarau sebesar 0,12 STha dan pada musim hujan 0,90 STlha. Rata-rata kapasitas tampung setahun sebesar di Kabupate. “Di Gowa memiliki sebanyak 16 species yang dominan, yaitu rumput dari porus rotundus, Axonopus compressu, African grass, lmperata cylindrica. Cynodon dactylon, Paspalum conyugatum, Stonotaphrum secundatum, legum terdiri dari Dosmodium intortum, Calopogonium Crotalanalunc Eughorbia hita L dan Phyllanthus niruri L; tanaman lain terdiri dan Mimosapudica, Chromolaena odorata dan Lamtana camara,” jelasnya. (ita)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top