Sulselbar

Komunitas WAC Lakukan Lomba Panahan

BKM/ALALUDDIN LATIHAN -- Sejumlah kader muda Wahdah Islamiyah sedang mengikuti latihan panahan. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan olahraga panahan di kalangan generasi muda di Mamuju.

MAMUJU, BKM — Satu klub panahan kembali lahir di Kabupaten Mamuju, Wahdah Archery Club (WAC). WAC merupakan klub panahan yang dibentuk kader muda Wahdah Islamiyah (WI) Mamuju sebagai wadah untuk menghidupkan olahraga panahan di daerah ini.
WAC ini menampung para kader muda WI yang memiliki minat dan bakat memanah. Dengan spirit memanah adalah salah satu olahraga mengandung banyak hikmah. Salah satunya, panahan adalah bagian dari Sunnah Rasulullah. Saat ini, komunitas WAC mulai aktif latihan untuk sementara di kawasan Jalan Musa Karim, Komplek SD IT Wildan Mamuju. Sebab, mereka belum memiliki arena yang memadai.
”Kami mulai rutin latihan setiap hari Minggu pagi, di halaman SDIT Wildan Mamuju. Adapun peralatan masih terbatas. Sehingga setiap anggota harus bergantian,” tutur Ketua WAC Mamuju, Ashriadi, Minggu (22/1).
Asriadi menambahkan, untuk saat ini WAC belum memiliki pelatih profesional. ”Kami hanya dibimbing salah seorang teman yang kebetulan atlet karate yang sedikit paham tentang teknik-teknik dasar olahraga panahan. Adapun materi yang kami pelajari masih seputar pengenalan alat panah, pengenalan teknik, penguatan fisik dan mental serta praktik memanah dengan sistem level berjenjang. Ke depan, kami tetap berusaha mendatangkan pelatih profesional,” jelas Ashriadi.
Sementara itu, Pembina WAC Mamuju, Amiruddin, berharap, ke depan semua anggota Wahdah Archery Club terus mengupgrade kemampuan didasari kecintaan terhadap dunia memanah dan menghidupkan sunnah Rasulullah.
”Kelak, peserta yang berbakat akan direkomendasikan mengikuti seleksi atlet panahan. Olahraga panahan membutuhkan sentuhan jiwa yang halus, kesabaran, keuletan, konsentrasi dan ketahanan mental yang tinggi. Sebab, memanah bukan sekadar menarik dan melepaskan anak panah. Untuk mencapai itu dibutuhkan latihan yang serius dan berkesinambungan. Makanya, saya sarankan agar WAC ini tetap bersinergi dengan klub panahan yang lebih dulu terbentuk. Tentunya mereka telah memiliki tingkat kemahiran yang mumpuni,” terang Amiruddin.
Tingginya minat warga mamuju, khususnya dari kalangan generasi muda untuk menghidupkan olahraga panahan, diharapkan mendapat respon positif dari pemerintah daerah. Sehingga melalui KONI tingkat kabupaten dan provinsi, mereka mendapatkan ruang pembinaan berupa penyiapan sarana dan prasarana. Harapannya, ke depan akan lahir atlet-atlet pemanah profesional yang bisa mewakili daerah ini di ajang nasional dan internasional. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top