JK Dapat Keris Berbahan Besi Campur Tanah Liat – Berita Kota Makassar
Headline

JK Dapat Keris Berbahan Besi Campur Tanah Liat

LUWU, BKM — Wakil Presiden Jusuf Kalla mendapat keris berbahan besi campuran tanah liat. Keris bernama Tammalere ini diberikan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar kepada JK di sela-sela pembukaan Luwu Expo di Lapangan Andi Djemma, Belopa, Senin (23/1).
Selain itu, Wapres yang didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, juga mendapat bingkisan kopi bisang. Kopi khas asal pegunungan Latimojong itu dikemas dalam kaleng dan berkualitas ekspor.
Selain Luwu Expo, Wapres juga menghadiri Hari Jadi Luwu ke-749 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-71 di lokasi yang sama. Selanjutnya, melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Unit Transfusi Daerah (UTD) PMI luwu.
Di hadapan rakyat yang hadir di acara ini, Wapres menyatakan komitmen pemerintah pusat untuk terus memacu usaha mengatasi kesenjangan yang ada di daerah. Termasuk membuka ruang untuk eksploitasi sumber daya alam yang bermanfaat bagi masyarakat dengan capaian hasil maksimum.
Menurut JK, masa kejayaan leluhur kita dan masa kejayaan kini untuk masa depan, bukan diperoleh dengan kebanggaan. Melainkan dengan kerja keras. ”Sama dengan Hari Perlawanan Rakyat Luwu yang kita peringati ini. Diperoleh dengan perjuangan serta kerja keras,” kata putra Bone ini.
Dia berharap, segala upaya untuk kemajuan Tana Luwu patut diapresiasi oleh semua elemen masyarakat Luwu Raya. ”Perlu kita tahu dan pahami bahwa investasi asing pertama di Indonesia berlangsung di Tana Luwu,” ujar Wapres, yang juga menyebut bahwa Luwu memiliki catatan sastra I Laga Ligo.
Di bagian lain sambutannya, JK juga berjanji untuk menjadikan Universitas Andi Djemma (Unanda) sebagai perguruan tinggi negeri. Hal itu akan direalisasikan jika moratorium pemekaran universitas swasta untuk dinegersikan dicabut pemerintah.
Bupati Andi Mudzakkar di depan JK menjelaskan, saat ini Pemkab Luwu tengah mengembangkan program kawasan agropolitan dan wisata. Dia menyebut Latimojong memiliki potensi wisata negeri di atas awan yang sama seperti di Toraja.
”Potensi pertanian juga terus kita pacu. Karena sumber PAD Luwu masih didominasi dari sektor pertanian,” ujar Cakka.
Dijelaskan Cakka, saat ini ada 1.000 desa mandiri benih sedang digenjot guna mendukung ketahanan pangan nasional. ”Untuk itu, saya atas nama rakyat Luwu, bermohon di hadapan Pak JK untuk dibantu pembangunan pabrik RPC guna menampung produksi gabah petani di Luwu Raya,” kata Cakka.
Ia juga meminta pembangunan bendung Baliase di Luwu Utara dilanjutkan. Bendung tersebut mampu mengairi 20-30 ribu hektar lahan persawahan. Begitu pula pengembangan bandara Bua.
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo melaporkan kepada wapres bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi Sulsel mencapai 8 persen. Sedang Luwu Raya tingkat pertumbuhan ekonomi selama 7 tahun terakhir mencapai 7 persen. Termasuk di Kabupaten Luwu, dengan dominasi tertinggi di Luwu Timur.
“Tana Luwu ini, Pak JK memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup maju,” kata Syahrul. (wan/rus/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top