Gaji Guru SMA/SMK tak Dianggarkan – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Gaji Guru SMA/SMK tak Dianggarkan

BARRU, BKM — Alokasi anggaran dari dana alokasi Umum (DAU) untuk membayarkan gaji 4.221 PNS lingkup Pemkab Barru berkisar Rp 350 milyar pertahun atau sekitar Rp 18 milyar perbulan. Kisaran gaji yang bersumber dari DAU ini sudah tidak termasuk gaji 400-an lebih guru SMA/SMK yang sudah beralih ke Pemprov Sulsel.
”Gaji yang menyedot DAU ini termasuk belanja tidak langsung,” ujar Kabid Anggaran Syamsu Alam yang dikonfirmasi BKM baru-baru ini. Sebelumnya, alokasi anggaran gaji guru SMA/SMK tidak ikut dialihkan bersamaan dengan peralihan guru tersebut ke Pemprov Sulsel.
“Makanya hal ini sempat menimbulkan kontroversi karena gurunya pindah, tetapi gajinya dari kabupaten tidak ikut dipindahkan,” tandas Syamsu Alam.
Alam juga menjelaskan alokasi anggaran gaji para guru SMA/SMK yang beralih ke Provinsi, sekarang sudah menjadi kewenangan pihak Pemprov untuk diperjuangkan ke Kementerian Keuangan. Sebenarnya besaran gaji dalam setiap bulan bisa berubah-ubah, karena dipengaruhi beberapa hal, seperti adanya perubahan golongan kepangkatan atau karena terjadi kenaikan gaji dari setiap PNS.
“Makanya dalam DAU tidak ada item yang menunjukkan tentang jumlah gaji, melainkan dialokasikan dalam jumlah gelondongan,” terangnya. (udi/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top