Dishub Hadirkan Bus Transportasi Murah – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Dishub Hadirkan Bus Transportasi Murah

MAMUJU, BKM — Masyarakat Kabupaten Mamuju bersiap-siap menikmati bus transportasi berbiaya murah. Lima unit bus yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah tiba di Kabupaten Mamuju. Bus ini akan dioperasikan pada tahun 2017 ini.
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sulbar, Drs Khaeruddin Anas, MM, kepada BKM di kantornya, Sabtu (21/1), menjelaskan, seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Sulbar akan mendapatkan bantuan mobil bus seperti ini yang merupakan bantuan dari Kemenhub.
”Untuk Kabupaten Mamuju, mobil angkutannya sudah ada 5 unit, kabupaten lain akan menyusul, seperti Kabupaten Polman sebanyak 4 unit, Mamuju Tengah (Mateng), Majene, Mamuju Utara (Matra), dan Kabupaten Mamasa masing-masing akan mendapatkan dua unit,” terang Khaeruddin.
Diungkapkan, untuk pengelolaan angkutan murah tersebut menjadi tanggung jawab Pemkab masing-masing. Pemprov hanya memfasilitasi penyalurannya ke kabupaten setelah Kemenhub menyerahkam ke provinsi.
”Kewenangan teknis pengelolaan ada di kabupaten. Pemprov hanya memfasilitasi penyalurannya ke kabupaten setelah Kemenhub mengadakan untuk daerah,” timpal Khaeruddin.
Menurutnya, pengadaan mobil angkutan tersebut diharapkan dapat difungsikan dengan baik oleh masyarakat Sulbar. Karena secara ekonomis lebih menguntungkan dari moda transportasi roda dua, seperti ojek
Lanjut Khaeruddin Anas mengutarakan, program yang dilakukan pada pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar, telah mengajukan usulan proposal ke Menteri Perhubungan lewat Dirjen Darat.
”Soal angkutan transportasi bus dalam kota ini, sangatlah dibutuhkan masyarakat, baik yang ada di ibukota provinsi Sulawesi Barat, yakni Kabupaten Mamuju. Langkah ini kami lakukan bertujuan supaya alat transportasi murah ini, akan ada beroperasi di Sulbar. Akhirnya, pihak kementerian telah merespon dan menyerahkan bus alat transportasi murah ini sebanyak lima unit. Dan ini merupakan bantuan awal yang nantinya akan dilanjutkan pada kabupaten lainya,” ucap Kadis Perhubungan Sulbar, Khaeruddin Anas. (ala/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top