Demokrat, Gerindra dan PAN jadi Incaran – Berita Kota Makassar
Politik

Demokrat, Gerindra dan PAN jadi Incaran

IST SALING PUJI--Dua bakal calon Gubernur Sulsel bertemu dan salam komando yakni Nurdin Abdullah dan Nurdin Halid. Keduanya saling puji saat bertemu di rumah jabatan Bupati Bantang, Minggu (22/1) malam.

MAKASSAR, BKM–Tiga partai papan atas selain Partai Golkar di Sulsel masing-masing Partai Demokrat, Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi incaran bakal calon (Balon) Gubernur Sulsel jelang Pemilihan gubernur (Pilgub) 2018 mendatang.
Partai Demokrat dan Gerindra masing-masing mengontrol 11 kursi diparlemen, sehingga butuh tambahan koalisi enam kursi untuk bisa mengusung pasangan calon. Adapun PAN mengontrol 9 kursi dan membutuhkan minimal 8 kursi untuk mengusung pasangan calon.
Berdasarkan tahapan Pilgub, Maret dan April partai politik di Sulsel sudha mulai membuka penjaringan balon gubernur maupun balon wakil gubernur.
Supervisor Pemenangan Jaringan Suara Indonesia (JSI) Arif Saleh menuturkan, Gerindra, Demokrat dan PAN sangat memungkinkan membangun kekuatan tersendiri di Pilgub Sulsel diluar dari Partai Golkar yang belakangan mulai mengarahkan pilihannya ke Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Golkar HAM Nurdin Halid (NH). “Kalau mengacu pada perolehan kursi tiga partai itu yang tergolong signifikan, maka mereka bisa membangun poros tersendiri, atau memimpin koalisi lain di luar Partai Golkar,”kata Arif kepada Berita Kota Makassar, Senin (23/01).
Lalu siapa yang berpeluang diusung? Arif mengurai jika masing-masing partai itu tetap memunculkan nama kader terlebih dahulu, sekaligus akan ditawarkan ke figur eksternal bila posisinya sangat sulit bersaing kalau dipaksakan diusung di posisi calon gubernur. “Baik Gerindra, Demokrat dan PAN, saya kira punya stok kader yang layak didorong di Pilgub. Hanya saja, elit partai ini akan realistis jika nantinya kader itu kurang memungkinkan ditempatkan di posisi 01. Sehingga mereka bakal membuka ruang komunikasi atau koalisi untuk menawarkan kader-kadernya ke figur eksternal yang jauh bisa diterima sebagai calon gubernur,”papar Arif.
Menurut Arif, penentuan koalisi untuk ukuran calon gubernur dan wakil gubernur, peran DPP sangat berpengaruh. Sehingga bisa saja penyelesaian koalisi atau siapa yang diputuskan didorong dibahas bersama di tingkatan DPP, seperti yang terjadi di Pilgub DKI Jakarta 2017. “Bila mengacu pada dinamika terakhir yang berkembang di Sulsel , maka partai-partai besar di luar Golkar, itu bisa mengarahkan pilihan ke tiga nama. Mereka adalah Ichsan Yasin Limpo, Agus Arifin Nu’mang dan Nurdin Abdullah. Apalagi, tiga figur itu sebagian punya hubungan baik dengan elit partai di pusat,”urai Arif.
Kendati demikian, tiga partai ini juga belum tertutup memunculkan figur baru diluar NH, dan tiga nama di atas. Mengingat tahapan Pilgub masih tergolong lama, sehingga memungkinkan terjadi perubahan atau dinamika. “Memang agak beresiko memunculkan figur baru di luar empat nama di atas untuk posisi calon gubernur. Tetapi ada situasi yang kadang tidak mendapat titik temu di tingkatan elit yang ujungnya memaksakan atau mendorong figur lain diluar nama-nama yang selama ini dijagokan di publik,”terangnya.
Direktur PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Toto Izzul Fatah memberikan analisa bila yang berpeluang mendapat rekomendasi dari Partai Gerindra yakni Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang.
“Pilihan tepat jika Gerindra memilih Agus Arifin Numang. Beliau sosok yang sarat dengan record, baik moral dan personal yang bersih serta merakyat, maupun record kinerja ssebagai Wagub Sulsel dua periode mendampingi Syahrul Yasin Limpo,”pungkas Toto.

Ichsan di Luwu, NH Siap ke Sidrap

SEMENTARA itu, balon Gubenrur Sulsel Ichsan Yasin Limpo masih melakukan safari ke Luwu Raya selaku Ketua PMI Sulsel. Ichsan menghadiri puncak acara perlawanan rakyat Luwu yang dirangkaikan dengan hari jadi luwu ke 749. Acara ini juga dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla yang sebelumnya mengunjungi Toraja utara dan Palopo. Sebelum menghadiri acara di Lapangan Andi Jemma Belopa, mantan Bupati Gawa dua periode ini melantik dua ketua PMI yakni Bupati Luwu Timur Torig Husler dan Ketua PMI palopo Haidir Basir. Ichsan juga sempat menghadiri penganugrahan gelar dari kedatuan Luwu kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Tak hanya itu, bendahara Golkar Sulsel ini menghadiri pertemuan keluarga dan pengurus FKPPI di rumah Andi Cincin di Palopo.
Sementara itu, balon gubernur lainnya yakni Nurdin Halid (NH) diagendakan untuk membuka Musyawarah daerah (Musda) Golkar Sidrap di Pangkajene, Selasa (24/1).
Sebelumnya, NH melantik Basli Ali sebagai ketua Golkar Selayar serta Iksan Iskandar sebagai Ketua Golkar Jeneponto. NH juga membukan Musda Golkar Bulukumba serta menemui Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top