Metro

Berantas Hoax, Program Kerja Pertama KISP

MAKASSAR, BKM — Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (KISP) Sulawesi Selatan merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru
berdasarkan PP No. 18 Tahun 2016.
Kendati OPD baru, namun, SKPD ini siap memaksimalkan kinerja sesuai bidang yang ditanganinya.
Kepala Dinas KISP Sulsel, Andi Hasdullah, mengatakan, literasi pengguna Sosial Media (Sosmed) akan menjadi salah satu fokus kerjanya. Alasannya, konten sosmed yang mengandung banyak info hoax, kebohongan, kebencian, hatespeech, caci maki, isu berbau SARA, dan pornografi, menjadi ancaman yang sangat serius.
“Hal ini adalah ancaman yang sangat serius, yang berpotensi memicu perpecahan dan mengancam soliditas dan kebhinekaan kita. Bahkan, peradaban kita yang tentu akan menghambat upaya percepatan pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” kata Hasdullah, kemarin.
Menurutnya, di era digital seperti sekarang ini, arus komunikasi informasi secara online tidak bisa dibendung. Sehingga, yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan ketahanan netizen terhadap info yang negatif.
Caranya melalui edukasi atau literasi pengguna medsos yang santun dan produktif, dan mampu memfilter info yang bertebaran di dunia maya tersebut. “Dinas KISP akan melakukan edukasi atau literasi pengguna sosmed secara bertahap,” ujarnya.
Ia menambahkan, pihaknya akan mulai dari komunitas-komunitas pengguna medsos, seperti LSM, pelajar dan mahasiswa. Pihaknya akan menggalakkan Gerakan Ayo Santun dan Produktif di Dunia Maya.
“Tentu ini urgent dan strategis untuk mendukung kebijakan Pak Gubernur. Rencananya, untuk triwulan pertama dan kedua, kami target seribu netizen. Dan ini akan dilakukan secara berkelanjutan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Humas Biro humas dan Protokol Sulsel, Badaruddin menambahkan untuk memberikan informasi yang benar dan akurat terkait kegiatan dari Gubernur dan Wakil gubernur, pihaknya juga akan membuat beberapa sosial media.
“Nantinya ada sub bagian layanan informasi yang kelolah media sosial dan web terkait kegiatan dari Gubernur dan Wakil Gubernur. Ini agar tak ada berita atau informasi Hoax terkait pemprov,” tambahnya. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top