Gojentakmapan

Hatta Serahkan DPA

MAROS, BKM — Bupati Maros, HM Hatta Rahman menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada 32 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Maros di ruang pola kantor bupati Maros. DPA ini menjadi rujukan setiap SKPD dalam melaksanakan kegiatan dalam setahun.
Penyerahan DPA ini berisi tahapan Uang Persediaan atau Ganti Uang (UP/GU), Tambah Uang (TU), dan Belanja Langsung (LS) berdasarkan arus kas. ”Setelah penyerahan DPA ini, setiap SKPD sudah bisa melaksanakan program kerjanya sesuai yang anggaran yang tertera di DPA,” paparnya.
Hatta menjelaskan, saat ini Pemkab Maros melakukan pengetatan anggaran karena kondisi keuangan negara. Menurutnya, tahun ini dilakukan antisipasi awal dengan keuangan yang diatur lebih ketat mengingat tahun lalu ada pemotongan anggaran dari pusat sehingga daerah seperti Maros juga terkena imbasnya.
”Iya. Kita antisipasi awal dengan keuangan yang lebih ketat. Tahun lalu tiba-tiba ada pemotongan anggaran dari pusat. Sehingga ada beberapa program yang harus dikorbankan. Kalau tahun ini tidak ada pemotongan dari pusat, nanti akan disesuaikan dianggaran perubahan,” jelas Hatta.
Salah satu bentuk pengetatan anggaran yang dilakukan Pemkab Maros, yakni pihaknya akan menurunkan tim dari asset daerah untuk melakukan pengecekan terhadap kebutuhan peralatan dan mesin SKPD. Misalnya pengadaan kursi, meja, maupun elektronik harus ada rekomendasi dari asset untuk mengetahui apakah memang barang tersebut sesuai kebutuhan. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top