Headline

Syahrul Minta ASN Belum Gajian untuk Irit

MAKASSAR, BKM — Pencairan gaji sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sulsel masih belum jelas. Khususnya yang berkantor di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD).
Pasalnya, belum ada kejelasan terkait penunjukan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Penunjukan itu masih menunggu pelantikan dan pengukuhan pejabat eselon III maupun IV yang sampai kini tak kunjung dilakukan.
Informasi jika pelantikan dan pengukuhan pejabat eselon III dan IV dilaksanakan Jumat (20/1), kemarin batal dilaksanakan. Usai salat Jumat, Syahrul langsung terbang ke Kota Palopo untuk menghadiri sebuah kegiatan.
Sebelum ke Tana Luwu, Syahrul mengatakan proses pembayaran gaji sejumlah ASN sebenarnya sudah jalan. Ketika pejabat eselon III dan IV sudah dilantik, pencairan bisa langsung dilakukan.
“Prosesnya sudah jalan di dinas. Administrasi sudah jalan. Begitu sudah saya lantik pejabatnya, langsung jalan. Kalau mau besok, apa susahnya. Sudah ada datanya. Tinggal tanda tangan,” katanya di kantor Gubernur Sulsel, Jumat (20/1).
Cuma, Syahrul mengakui jika memang masih ada teknis yang harus dilakukan, dan itu tidak perlu diinformasikan ke publik. Karenanya, dia meminta kepada ASN yang belum gajian untuk sedikit bersabar.
“Yang jelas mereka tetap akan dapat gaji. Irit-iritlah dulu. Nanti cepat habis,” katanya bercanda.
Kepada pejabat eselon III dan IV yang saat ini was-was menunggu jadwal pelantikan, Syahrul menekankan untuk tidak khawatir. Mereka tidak akan ada yang berganti sepanjang struktur jabatannya masih ada di organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru.
Yang cukup membuatnya berpikir adalah ada sekitar 60 jabatan yang nomenklaturnya berubah. “Pejabat lama tenang-tenang saja di jabatannya. Takkan diganti. Kecuali kalau mereka korupsi, ” tegas Syahrul.
Dia sangat menyayangkan kebijakan pusat yang kerap mengubah aturan. “Pusat tidak tahu itu kalau banyak kerugian akibat perubahan kebijakan. Seperti ini perubahan OPD. Pusat tidak tahu, kop surat berubah saja itu anggarannya berapa,” cetusnya. Dihubungi terpisah, Jumat (20/1) sore, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Fakhsirie Ashari Radjamilo belum bisa memastikan kapan pejabat eselon III dan IV akan dilantik. Ia hanya berujar singkat, ”Iye, sementara berproses.”
Dia mengaku belum dapat menentukan kapan rencana pelantikan itu bisa dilaksanakan. Semua masih menunggu instruksi gubernur.
(rhm/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top