Panwaslu Takalar Dituding Berpihak – Berita Kota Makassar
Politik

Panwaslu Takalar Dituding Berpihak

TAKALAR, BKM–Pasca penggerebekan dilokasi pertemuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Wisma Azman dengan salah satu paslon bupati dan wakil bupati Takalar baru baru ini membuat ratusan massa yang mengatas namakan dirinya Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) Takalar menggelar demonstrasi di depan kantor Panwaslu Takalar, Jumat (20/1). AMPD mendemo Panwaslu lantaran mereka menilai pihak pengawas Pilbup ini telah berpihak pada salah satu pasangan calon.
“Panwaslu Takalar sudah menghilangkan jati dirinya sebagai lembaga penyelenggara yang netral, laporan pengaduan tidak pernah disikapi dan dituntaskan. Inilah asumsi kami mengatakan bahwa Panwaslu Takalar tidak bekerja dan tidak lagi independensi,”ujar Muhammad Yunus Nyampa orator AMPD Takalar, Jumat (20/1).
Selain itu, massa mendesak pihak Panwaslu Takalar untuk tetap bersikap netral dalam menangani kasus kasus pelanggaran dan segera memproses ASN yang diduga kuat ikut terlibat politik praktis dalam rangka memenangkan salah satu pasangan calon. “Panwas tidak bekerja maksimal, bahkan salah satu anggota komisioner atas nama Syaifuddin adalah mantan tim sukses salah satu paslon periode lalu, Bawaslu harus segera bertindak menyelamatkan demokrasi di Kabupaten Takalar ini,”tegas Aswar Anas orator lainnya.
Usai menggelar aksi, para demonstran yang mendapat pengawalan dari aparat kepolisian akhirnya bergerak menuju Gedung DPRD Takalar.
Ketua Panwaslu Takalar, Ibrahim Salim yang dimintai tanggapannya mengatakan pihaknya tetap bekerja sesuai aturan dan undang undang yang berlaku. Terkait insiden penggerebekan wisma Azman pihaknya belum menerima laporan tertulis dari masyarakat, meski demikian Ibrahim berjanji menindak lanjuti setiap pengaduan masyarakat dalam 24 Jam.
Sementara itu, Logistik berupa surat suara untuk Pilbup Takalar telah tiba di gedung KPU Takalar. Jumlah surat suara yang di cetak sebanyak 212.722 lembar dan sebelum dilakukan pendistribusian ke kesejumlah TPS, KPU Takalar terlebih dahulu melakukan pengepakan dan pelipatan surat suara.
“Kertas surat suara sudah ada disekretariat, dimana total surat suara yang di cetak sebanyak 212.722 lembar terdiri dari surat suara pokok sebanyak 210.722 lembar dan surat suara pemilihan ulang sebanyak 2.000 lembar,”ujar Ketua KPU Takalar, Jusalim Sammak, Jumat (20/1)
Jusalim menambahkan surat suara yang tiba berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap ditambah dengan surat suara cadangan dan KPU juga telah memusnahkan plat percetakan dan kertas suara yang rusak.(ira/rif/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top