Sulselbar

Gubernur Puji Pengembangan Udang Vaname di Matra

PASANGKAYU, BKM — Plt Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu mengapresiasi pengembangan udang vaname di Kabupaten Mamuju Utara (Matra). Tepatnya di Desa Sarude, Kecamatan Sarjo.
Didampingi Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Nandang dan Bupati Matra, Agus Ambo Djiwa, Gubernur Calo Tewu melakukan pemantauan percontohan tambak udang vaname di Desa Sarude seluas 50 hektare, Kamis (19/1).
Dalam menggenjot produksi udang vaname, dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Matra
terus mengembangkan tambak udang vaname. Yakni dengan menurunkan alat berat dan sejumlah fasilitas lainnya untuk menunjang produksi udang vaname di Kabupaten Matra sebagai salah satu program nasional.
Melihat potensi yang sangat besar di wilayah tersebut, Carlo B Tewu kepada wartawan mengatakan, ini luar biasa potensi tambak di Mamuju Utara. Dan ini sangat menjanjikan. Apalagi jika seorang presiden bisa turun ke Mamuju Utara. Efeknya luar biasa kepada masyarakat yang ada di Mamuju Utara.
Ditambahkan, saat ini Kabupaten Mamuju Utara mulai dilirik investor. Bahkan, salah satu investor telah menyatakan keseriusannya untuk membuka tambak udang vaname seluas sekitar 100 hektare.
”Ini luar biasa. Apalagi satu kali panen udang vaname bisa mencapai Rp1,5 miliar dengan modal hanya sekitar Rp800 ribu,” katanya.
Sementara itu, Bupati Matra, Agus Ambo Djiwa, mengatakan, pihaknya akan mengundang investor masuk ke Mamuju Utara. Karena di daerah yang dipimpinnya ini masih mempunyai lahan yang potensi untuk dijadikan tambak seluas 13.000 hektare.
Tentunya dengan membangun pola kemitraan bersama masyarakat. Pemerintah daerah dalam hal ini akan mensupport dengan bantuan peralatan. ”Iinvestor juga kita akan jamin dalam hal keamanan lingkungan. Itulah yang akan menjadi tanggung jawab pemerintah. Sehingga potensi yang 13.000 hektare. Dan ini bisa dikelola masyarakat bersama investor. (ala/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top