Metro

1.200 Ton Sampah Tiap Hari

MAKASSAR, BKM– Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar terus berupaya menekan penurunan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa setiap harinya.
Upaya penekanan dilakukan seperti sosialisasi ke masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan memanfaatkan sampah menjadi uang dengan cara menukar di Bank Sampah di wilayah masing-masing.
Tidak hanya itu, DLH Makassar juga akan melakukan sosialisasi dan mengeluarkan surat edaran ke satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup pemerintah kota, untuk tidak menggunakan kemasan makanan berbahan gabus, karton atau kertas untuk makanan.
Kemudian dilanjutkan ke tingkat masyarakat umum,khususnya pelaku usaha kuliner yang masih menggunakan kemasan makanan berbahan karton dan kertas membungkus makanan.
“Kita tidak punya niat untuk mematikan usaha tempat makanan berbahan gabus, karton dan kertas. Kita hanya meminta kerjasama mengurangi sampah di kota ini agar dapat lebih baik, bersih dan nyaman. Kalau plastik masih mendingan, karena bisa didaur ulang,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Gani Sirman, Kamis (19/1).
Menurut mantan Kadis Koperasi dan UKM itu, kehadiran Bank Sampah di Kota Makassar menjadi solusi dalam mengurangi sampah di TPA Tamangapa, sekaligus membantu meningkatkan ekonomi warga dengan hanya mengumpulkan sampah kemudian ditukarkan dengan uang atau kebutuhan rumah tangga seperti sabun cuci piring, sabun mandi sampai beras.
Januari tahun ini, jelas Gani Sirman, volume sampah setiap hari di TPA Tamangapa rata-rata mencapai 1.200 ton. Itupun mulai menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang rata-rata 1.250 ton. “Kota yang bersih tidak diukur berdasarkan besaran sampah yang diproduksi setiap harinya, melainkan dapat diukur seberapa kecilnya sampah yang terkumpul setiap hari,” ucapnya. (arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top