Wagub Minta Amphuri Rangkul Biro Haji Bersoal – Berita Kota Makassar
Metro

Wagub Minta Amphuri Rangkul Biro Haji Bersoal

BKM/RAHMA AMRI KUKUHKAN-- Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang bersama pengurus Amphuri yang baru saja dikukuhkan.

MAKASSAR, BKM — Pengurus Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Wilayaj Sulawesi terbentuk dan dikukuhkan di Hotel Four Points, Kamis (19/1) oleh Ketua DPP Amphuri, Joko Asmono. Terpilih sebagai Ketua DPD Amphuri wilayah Sulawesi adalah Muh Azhar.
Pengukuhan itu dihadiri dan disaksikan langsung Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulsel serta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel Abd Wahid Tahir.
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang bertekad untuk mewujudkan Sulawesi Selatan sebagai provinsi penyelenggara haji dan umroh terbaik di Indonesia. Untuk mewujudkan tekad tersebut, Agus AN minta kepada semua pihak termasuk bersama-sama membersihkan berbagai bentuk penipuan dalam proses pelayanan perjalanan haji dan umroh.
Untuk menertibkan biro perjalanan haji dan umroh “nakal”, Agus AN berharap agar para pelaku penipuan dalam pelayanan perjalanan haji dan umroh di beri sanksi yang berat. Dia minta agar bukan perusahaannya yang ditindaki melainkan orangnya, sehingga nantinya orang tersebut tidak diberi lagi kesempatan mengurus izin usaha biro perjalanan.
“Saya minta agar semua pihak yang terkait memberi tindakan tegas terhadap pelaku penipuan dalam pelayanan perjalanan haji dan umroh, dan yang ditindaki sebaiknya orangnya, karena kalau usahanya saja yang ditutup, orang tersebut masih bisa membuka usaha perjalanan baru, tetapi kalau orangnya yang ditindaki maka orang tersebut tidak mendapat kesempatan lagi untuk mengurus izin usaha biro perjalanan,” tegas Agus.
Agus menegaskan, bukti keseriusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam memperbaiki pelayanan haji di Sulawesi Selatan adalah dibuatnya jalan tembus dari Asrama Haji menuju lapangan udara yang hanya membutuhkan waktu tempuh selama lima menit untuk sampai di tangga pesawat.
Dia berharap pemanfaatan asrama haji dan jalur cepat menuju bandara bukan hanya digunakan untuk melayani perjalanan haji reguler saja, tetapi kedepan sebaiknya juga gunakan untuk melayani perjalanan umroh.
Sementara Ketua Umum DPP Amphuri Joko Asmoro mengatakan satu-satunya organisasi yang memiliki standar ISO hanyalah Amphuri, artinya menurut joko bahwa Amphuri siap diaudit masalah keuangan maupun manajemen.
Joko mengakui kalau hingga saat ini sudah banyak pengusaha biro perjalanan yang ingin bergabung dengan Amphuri, namun pihaknya tetap memberlakukan penerimaan anggota dengan sangat selektif. Menurutnya Amphuri hanya menerima anggota bagi yang memiliki izin yang sah.
Sebanyak 32 biro perjalanan haji dan umrah saat ini tercatat sebagai anggota Amphuri di Sulawesi Selatan. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top