Bak Penampungan Bocor, Krisis Air Berlanjut – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Bak Penampungan Bocor, Krisis Air Berlanjut

BANTAENG, BKM — Krisis air bersih PDAM yang dikeluhkan pelanggan dan berujung pada aksi demonstrasi Aliansi Pemuda, membuat sejumlah anggota DPRD Bantaeng mengadakan kunjungan lapangan, Kamis (19/1).

Ketua Komisi B DPRD, Darwis dan Ketua Fraksi Amanat Pembangunan Demokrasi (APD), Muh Arasy Pakkanna, mengatakan, pihaknya meninjau sumber air bersih dan beberapa jaringan pipa yang dilaporkan bermasalah.
Ditemui usai rapat dengar pendapat dengan di DPRD Bantaeng, Direktur Utama (Dirut) PDAM Bantaeng, Andi Nurjaya Hakim, mengatakan, bak penampungan di Eremerasa yang menjadi sumber air PDAM bocor.
Selain itu, jaringan perpipaan di sejumlah titik tersumbat. Kedua hal ini menjadi penyebab terjadinya krisis air bersih ke jaringan pelanggan. “Bak penampungan di Eremerasa bocor”, ujarnya.
Dikemukakan Nurjaya, dia masuk ke dalam bak yang bocor tersebut untuk mengetahui tingkat keparahan. Sesampai di dalam bak, dia terkejut dan kepalanya terbentur karena ada belut besar. “Saya terkejut. Ada belut besar di dalam bak. Kepala saya terbentur”, tuturnya.
Untuk mencari solusi dari permasalahan ini, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Abdul Rasyid, mengutus staf yang membidangi pengairan untuk mendampingi para legislator.
Untuk mengatasi sumbatan pipa, kata Nurjaya, dia mengusulkan ke bupati melalui DPRD agar mengadakan alat deteksi. Alasan dia, pipa induk PDAM berada di kedalaman enam meter. “Kami kesulitan mendeteksi titik sumbatan karena tidak ada alat deteksi”, paparnya.
Dikatakan Arasy, untuk keluhan petani di Lamalaka, pihak PU akan merencanakan pembangunan bendungan. Disamping itu kata dia, dewan menyarankan PDAM membangun juga bak penjernihan air di dekat bendungan. (wam/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top