Metro

Hari Ini, Umat Kristiani Gelar Natal Bersama

BKM/JUNI SEWANG NATAL--Nielam Palamba (tengah) dan Mario David (kiri) saat jumpa pers penyelenggaraan Natal Bersama se Sulsel, Rabu (18/1).

MAKASSAR, BKM — Ummat kristiani yang ada di Sulsel akan menggelar natal bersama, Kamis (19/1) hari ini. Rencananya natal bersama digelar di hotel Upper Hilss Tanjung Makassar.
Hal tersebut diketahui saat Panitia Natal bersama umat Kristiani antara pemerintah propinsi, pemerintah kota, Polri dan TNI, menggelar jumpa pers, di Hotel Mercy Panakkukang, Rabu (18/1).
Mario David perwakilan DPRD Kota Makassar selaku Kepala Seksi Dokumentasi dan Publikasi pada acara natal bersama menjelaskan, natal bersama untuk tahun ini merupakan momen bersejarah, dimana natal digelar untuk pertama kalinya bersama sama umat Kristiani. “Perayaan natal tahun ini merupakan pertama kalinya dirayakan bersama sama, bersama semua aliran umat Kristiani, termasuk dari TNI, Polri, Pemrov dan Pemkot,” ungkap Mario.
Sementara itu, Pendeta Andi Mulyadi, salah satu panitia mengatakan hal yang sama, selama ini natal digelar secara sendiri-sendiri, namun setelah terbentuknya Badan Kerja Antar Gereja (BKAG) maka disepakati untuk menggelar natal seacara bersama.
“Kegiatan ini menjadi momentum yang baik untuk kembali menggalakkan kebhinekaan tunggal ika. Ada yang berbeda dalam perayaan natal kali ini, dimana yang anggota TNI Polri,PNS dan pendeta akan menggunakan seragam mereka masing masing, sehingga terlihat keragaman yang ada,” ujar Mulyadi.
Mulyadi juga menjelaskan bahwa pihak Banser Nahdlatul Ulama (NU) juga akan dilibatkan dalam perayaan natal bersama ini untuk ikut memberikan pengamanan. Dirinya berharap perayaan natal bersama ini bisa memberikan keberagaman dan mempererat persatuan bangsa.
Sedangkan dari kepanitian sendiri menurut Nilma Palamba yang juga panitia dari keanggotaan BKAG menyebutkan, panitia penyelenggara mencapai sekitar 300 orang karena mengakomodir semua ummat Kristiani yang ada di Sulsel.
“Perayaan natal ini juga akan dihadiri oleh para umat Kristiani yang ada di daerah se Sulsel. Puncak acara akan menghadirkan hiburan, dan dihibur oleh jebolan dari Indonesian Idol Yuka dan Regina,” sebut Nielma Palamba yang juga Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar.
Selain itu, pada perayaan natal bersama juga akan menampilkan pakaian adat istiadat dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Termasuk akan menampilkan musik khas Makassar berupa pui-pui. Sedang doa penutup akan disampaikan langsung oleh ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pusat. (jun)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top