Metro

Dewan Minta Dievaluasi

DINAS Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar meminta pemerintah kota untuk mengevaluasi Surat izin hotel, restoran dan gedung pertemuan yang tidak memiliki lahan parkir.
Seperti halnya yang dikatakan anggota Komisi C DPRD Makassar, Zaenal Beta. Menurutnya, minimnya lahan parkir yang dimiliki oleh hotel ataupun gedung pertemuan karena ada pembiaran yang dilakukan SKPD, padahal jika pemerintah kota bertindak maka seluruh bangunan yang melanggar pasti akan ditindaktegas hingga pencabutan izin usaha. “Seharusnya jika hotel membangun 100 kamar maka ia harus membuatkan 40 lahan parkir, jika kurang dari itu berarti tidak sesuai dengan isi perda,” ungkapnya saat ditemui di gedung DPRD Makassar, kemarin.
Bahkan Fraksi PAN ini menuturkan, untuk menindak hotel yang telah berdiri saat ini memang sudah sangat sulit dilakukan, sebab selain mematikan usaha hotel tersebut juga menambah jumlah pengangguran di Kota Makassar.
“Yang perlu dievaluasi adalah izin usaha baru, apakah betul-betul bangunannya sudah memenuhi syarat,” tuturnya.
Selain itu, Zaenal berharap agar tidak ada pembiaran lagi kedepannya, dan Wali Kota Makassar tegas menanggapi hal tersebut. “Harus ada solusinya dan kita minta baik pihak hotel ataupun gedung yang tidak punya lahan parkir mencarikan solusi agar masalah kemacetan dan mengguna penggendara tidak terjadi. Makassar bisa jadi ‘rantasa’ karena itu,” harapnya.
Ketua Fraksi Hanura DPRD Makassar, M Yunus juga meminta seluruh hotel yang tidak mempunyai lahan parkir untuk segera menaati peraturan dan mematuhi analisis dampak lingkungan (Amdal) dan Analisis dampak lalu lintas (Andalalin) yang telah dibuat pemerintah kota.
“Kalau saya hanya menekankan untuk taat peraturan Amdal dan Andalalin. Karena sudah berpatokan seperti itu maka semua harus taat peraturan itu,” tegasnya.
Sekertaris Komisi C DPRD Makassar ini juga menegasi agar peraturan untuk mendirikan usaha hotel harus memiliki lahan sesuai porsi kamar yang akan dibuat, keluar dari aturan itu otomatis melanggar. “Usaha yang didirikan tidak menyiapkan lahan parkir sudah jelas melanggar, “tutupnya. (ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top