Headline

Danny Bangun Dua Menara di CoI Tanpa APBD

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar terus memburu lahan berupa fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang berada di kawasan Centerpoint of Indonesia (CoI). Rencananya, aset lahan milik pemkot yang sampai saat ini belum diserahkan, akan dimanfaatkan sebagai lokasi membangun balai kota dan gedung DPRD yang baru.
Di lahan tersebut nantinya akan dibangun menara untuk kantor balai kota. Desainnya akan dilakukan para arsitek melalui sayembara.
Kepada BKM, kemarin, Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto menegaskan, pembangunan balai kota dan kantor DPRD Makassar di CoI masih sebatas wacana. Meski begitu, dia tetap berharap dapat mewujudkan hal itu. Terutama ketika aset berupa fasum dan fasos yang luasnya 30 persen dari luas lahan yang ada di CoI, diserahkan ke pemkot.
“Kita masih tunggu hasilnya nanti September atau Desember. Luas lahan di sana 30 persen dari seluruh kawasan. Termasuk jalan. Kalau sudah ada lahannya, sudah bisa kita jalan,” ujar Danny, kemarin.
Sebagai wali kota dengan latar belakang arsitek, Danny berjanji tetap akan terlibat memberikan inspirasi desain. Khususnya dalam pembangunan menara balai kota.
Rencananya, wali kota tak akan menggunakan duit APBD untuk proyek fantastis itu. Caranya, Danny akan melibatkan pihak ketiga. Dari dua menara yang dibangun di lokasi tersebut, satu dimanfaatkan untuk balai kota. Satu menara lainnya diserahkan kepada pihak ketiga untuk dikelola.
”Rencananya seperti itu. Nanti kita bangun dua menara. Satu untuk kita, dan satu untuk pihak ketiga. Dengan begitu kita tidak perlu menggunakan anggaran APBD dalam pembangunannya. Saya belum bisa jelaskan lebih jauh, karena ini juga masih wacana,” imbuhnya.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Makassar, Erwin Syarifuddin Haiya yang dihubungi terpisah, mengaku belum mengetahui secara pasti luas lahan milik pemkot yang ada di kawasan CoI. Pihaknya baru bisa mengimput
data luas lahan ketika pihak CoI telah menyerahkan ke pemkot.
“Saya belum tahu luas lahan di sana. Begitu pula dengan apa yang akan dibangun di atasnya” kata Erwin. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top