Sulselbar

22 Ribu Warga Belum Perekaman e-KTP

SIDRAP, BKM — Blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) hingga saat ini masih kosong di Kabupaten Sidrap. Akibatnya, 22 ribu orang warga Sidrap yang tersebar di 11 kecamatan belum melakukan perekaman.
Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (Disosdukcapil) Sidrap telah mencatat sekitar 207.320 warga Sidrap yang sudah melakukan perekaman dari 229.328 warga yang wajib KTP.
Untuk mengantisipasi kekosongan blangko, Disodukcapil menyediakan Surat Keterangan Pengganti Sementara (SKPS) KTP bagi warga yang sudah melakukan perekaman. Surat tersebut berlaku selama enam bulan.
Hingga kini, Disosdukcapil telah mengeluarkan sebanyak 4.250 SKPS KTP, sejak ke kekosongan blangko KTP pada September 2016. “Mudah-mudahan proses pengadaan blangko e-KTP dari pusat cepat terealisasi dan secepatnya didistribusikan ke masing-masing daerah,” kata Kabid Kependudukan Sidrap, Muh Ali, Rabu, (18/1).
Muh Ali mengakui selama 2016, pihaknya mampu mencetak sebanyak 17.682 e-KTP, sementara jumlah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terbit sekitar 29.618 lembar. Capaian tersebut membuat Disosdukcapil Sidrap meraih penghargaan dari Mendagri.
Penghargaan diberikan atas komitmen dan keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan penerapan KTP-el, sehingga Sidrap berhasil mencapai target penerbitan KTP-el sesuai jumlah wajib KTP yang telah ditetapkan.
Selain itu, juga telah meraih piagam FIPO sebagai nominasi daerah dengan terobosan inovatif bidang pelayanan administrasi kependudukan dan perizinan tahun 2016.
Kepala Disosdukcapil Sidrap, Syaharuddin Laupe berharap kepada pemerintah pusat agar ketersediaan blangko KTP-el secepatnya dilakukan pada awal Februari ini. “Mudah-mudahan blangko KTP-el sudah ada pada Februari mendatang,” ucapnya.
Dia menambahkan pemerintah pusat telah memberikan target nasional penerbitan akte kelahiran sebanyak 79 persen dari 102.107 warga usia 0-18 tahun. (ady/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top