UNM Siap Gelar Kompetisi Matematika – Berita Kota Makassar
Metro

UNM Siap Gelar Kompetisi Matematika

MAKASSAR, BKM–Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menggelar Kompetisi matematika akbar berskala nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan 1-4 Februari nanti di Kampus Parangtambung UNM.
Kegiatan yang rutin dilaksanakan setahun sekali ini diberi nama “Geometri 2017”. Geometri 2017 sendiri sebagai kontribusi langsung UNM dalam pengembangan matematika dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) FMIPA UNM ini akan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Selain mahasiswa, akan diundang pula para siswa/i dari seluruh sekolah yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat setingkat SD, SMP, dan SMA.
Geometri 2017 memiliki beberapa item kegiatan yang bisa diikuti oleh peserta. Antara lain Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM), Lomba alat peraga matematika, Debat, Digit (Kuis Matematika), dan Seminar Nasional.
LCTM menjadi salah satu item kegiatan yang sangat menarik pada Geometri 2017 ini.
Antusiasme peserta pada lomba ini juga sangat tinggi. Pada kegiatan serupa tahun lalu saja, peserta dari SMAN 1 Barru diluar dugaan mampu menjadi juara umum LCTM. Mengalahkan beberapa kandidat juara lain yang lebih diunggulkan seperti SMAN 2 Tinggi Moncong Gowa dan SMAN 17 Makassar.
Luaran dari Geometri 2017 sendiri khususnya siswa, dapat mengubah paradigmanya tentang matematika. Matematika yang selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, seharusnya dipandang sebagai mata pelajaran yang menyenangkan.
Ketua Umum Himatika FMIPA UNM, Ahmad Firjatullah Hakim mengatakan, kegiatan ini akan sukses sesuai dengan luaran tersebut. “Kami yakin 100 persen, apalagi mengingat pihak kampus juga sangat mendukung. Ini-pun dilihat dari partisipasi para dosen kami selama ini,” jelas Firja sapaan akrabnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Geometri 2017, Amirullah mengatakan, persiapan panitia sejauh ini telah mencapai 70 persen. “Sampai saat ini kami telah mendistribusikan surat ke berbagai sekolah, validasi soal juga sementara dilakukan. Setelah ini kami tinggal mempersiapkan desain panggung dan maskot kegiatan,” papar Amirullah.(mg)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top