Headline

Syahrul Belum Dilapori Danny

GUBERNUR Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo mengaku belum mendengar sama sekali rencana Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto untuk merelokasi kantor wali kota dan gedung DPRD Makassar ke kawasan CoI.
Menurut Syahrul, wali kota yang akrab disapa Danny itu belum pernah melaporkan rencana tersebut ke dirinya. Meski begitu, dia menilai keinginan itu sah-sah saja. Apalagi jika memang itu bagus untuk rakyat.
“Pak wali kota belum bilang sama saya. Tapi saya rasa itu sah-sah saja,” kata Syahrul di sela-sela kunjungannya ke kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Untia Makassar, Selasa (17/1).
Dia kembali menekankan, kawasan CoI itu adalah milik rakyat. Ketika akan dipergunakan untuk kemaslahatan rakyat, kenapa tidak.
“Itu kan untuk daerah. Kalau memang bagus untuk rakyat dan negara, kenapa tidak. Tapi saya memang baru dengar info tersebut,” pungkasnya.
Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Cipta Karya, dan Tata Ruang Sulsel, Andi Dharmawan Bintang menjelaskan, sebagai stakeholder terkait, dirinya belum bisa berkomentar terlalu jauh terhadap rencana wali kota Makassar tersebut.
Sebagai pejabat baru, dia harus melihat dulu pengaturan tata ruang di kawasan CoI, sekaligus peruntukan lahan di sana dan aturan-aturan yang terkait. Namun dia menekankan, semuanya tentu harus sesuai dengan rencana tata ruang yang sudah diatur sebelumnya.
“Saya harus melihat dulu seperti apa pengaturan ruang di kawasan itu. Bagaimana peruntukan ruangnya. Termasuk aturan-aturan yang terkait di kawasan tersebut,” pungkasnya.
Data yang diperoleh BKM, kawasan CoI sebagai hasil proses reklamasi Pantai Losari seluas 157 hektare itu, sudah dikonsep sesuai rencana tata ruang yang sudah ada. Dari luasan itu, sekitar 30 persen menjadi ‘jatah’ untuk ruang terbuka hijau. Sekitar 50 hektare dari kawasan itu akan dikelola Pemprov Sulsel. Sementara sisanya menjadi lahan komersil yang sudah disepakati antara pemprov dan investor yang mengelola lahan tersebut. Tidak ada tercantum jika ada areal khusus yang disiapkan untuk kantor wali kota Makassar. Atau tidak disebutkan ada lahan yang akan dikelola Pemkot Makassar. (rhm/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top