Disdukcapil Hapus Data Ganda – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Disdukcapil Hapus Data Ganda

BANTAENG, BKM — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantaeng, menetapkan jumlah penduduk sebanyak 194.796 jiwa. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil, HM Amri Pakkanna, Senin (17/1).
Ditanya, berapa total penduduk yang tercatat di bagian pendataan Dukcapil. Dia mengatakan, berdasarkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan pengambilan Kartu Keluarga, penduduk yang tercatat sebanyak 210.456 jiwa.
Dijelaskan Amri, perbedaan terjadi disebabkan ada penduduk yang memiliki KTP ganda. Selain itu, ada juga penduduk yang terdaftar dengan KTP bukan elektrik.
Setelah dilakukan perbaikan data, penduduk yang ber-KTP ganda dihapus. Juga ada penduduk Bantaeng yang hanya memiliki KTP non elektrik yang dikeluarkan Pemkab Bantaeng, tapi juga memiliki KTP elektrik di tempat domisilinya yang baru.
Kepala Seksi Pelayanan, Jumadil, menjelaskan, tidak ada perbedaan dalam data kependudukan. Senada dengan Kadis, Jumadil mengatakan, jumlah yang 200 ribu lebih itu merupakan data mentah yang masih harus dikroscek ulang.
Jumadil memaparkan, sistem pelaporan data ke pusat dilakukan persemester atau perenam bulan. Baik semester pertama maupun kedua, dikirim dua bulan sebelum batas akhir setiap semester sesuai permintaan dari Kemendagri.
Kadis menegaskan bahwa, data resmi penduduk Bantaeng sebagaimana terdaftar di Kemendagri berjumlah 194.796 jiwa. “Jumlah inilah yang resmi terdaftar di Kemendagri”, katanya. (wam/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top