750 Guru Honorer tak Terima TPG – Berita Kota Makassar
Sulselbar

750 Guru Honorer tak Terima TPG

SIDRAP, BKM — Nasib 750 guru honorer bersertifikasi di Sidrap, sangat memprihatinkan. Sudah setahun lamanya, mereka ternyata belum menerima Tunjangan Pendidikan Guru (TPG).

Sejatinya, TPG atau dana sertifikasi itu telah lama dinikmati oleh kalangan guru non PNS di Sidrap itu, namun faktanya, sampai sekarang hak mereka itu ternyata belum pernah dicairkan.
Informasi yang dihimpun, sebanyak 750 guru honorer yang belum menerima dana sertifikasi 2016 itu, tersebar di 11 kecamatan di Sidrap. Mereka mengabdi di sekolah negeri TK, SD, SMP hingga SMA/SMK.
“Mestinya sudah dibayarkan kasihan. Sudah 12 bulan-mi dana itu mengendap di pusat. Kasihan sekali nasib kami,” keluh salah seorang guru honorer, Riswan, Selasa, (17/1).
Penanggung Jawab Program Sertifikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidrap, Syahrul Syam membenarkan belum terbayarnya TPG bagi 750 guru honorer di sekolah negeri TK, SD, SMP hingga SMA/SMK di Sidrap itu.
Sesuai ketentuan, beber Syahrul, setiap guru honorer yang telah bersertifikasi berhak mendapatkan TPG sebesar Rp1,5 juta perorang, atau sebanyak Rp18 juta selama setahun.
“Total TPG bagi 750 guru honorer sertifikasi yang mengendap di pusat mencapai Rp13,5 miliar. Hitung-hitungannya seperti itu, satu guru Rp1,5 juta perbulan atau Rp18 juta pertahun,” kata Syahrul, kemarin.
Syahrul turut prihatin dengan nasib guru-guru honorer di Sidrap itu. Namun begitu, Syahrul mengaku tak bisa berbuat banyak untuk membantu guru-guru honorer untuk mendapatkan TPGnya itu.
“Masalahnya, TPG untuk guru honrer yang telah bersertifikasi itu, bukan dikelola oleh kami. Saya bahkan memastikan dananya langsung dikirim pusat ke rekening guru honorer masing-masing,” kata Syahrul. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top