Sulselbar

11 Parpol Dapat Dana Hibah

IST Wahab Tahir

MAKASSAR, BKM–Pemerintah Kota Makassar kembali memberikan bantuan dana hibah untuk 11 partai politik (Parpol) yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar pada tahun 2017 sebesar Rp1,097 milliar. Sementara satu parpol yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak mendapatkan dana hibah.
Rincian dana yang diterima oleh sebelas parpol mulai dari yang terbesar hingga paling sedikit masing-masing Partai Demokrat Rp160 juta, Partai Golkar Rp 159,435 juta, Partai Gerindra Rp134 juta, Partai Nasdem Rp110,770 juta dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rp98 juta,
Begitupun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebesar Rp 92,800 juta, Partai Amanat Nasional (PAN) Rp 86,608 juta, Partai Hanura Rp84 juta, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rp 82 juta, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Rp 48,175 juta dan Partai Bulan Bintang (PBB) Rp38 juta.
Plt Sekretaris DPD II Partai Golkar Makassar, Abdul Wahab Tahir mengatakan bantuan hibah tidak boleh dipergunakan selain dari peningkatan kapasitas kader partai. “Jika ada parpol yang menggunakan dana hibah untuk kegiatan pelantikan dan semacamnya maka bisa disoal sebab ada aturan yang harus dipatuhi. Jika tidak, maka akan jadi temuan badan pemeriksa keuangan (BPK),”ujar Wahab digedung DPRD Makassar, Selasa (17/1).
Hal sama dilontarkan Ketua Fraksi PDIP DPRD Makassar, Mesakh Raymond Rantepadang bahwa penggunaan dana hibah pada dasarnya untuk peningkatan keilmuan kader. Sebab partai sangat berperang penting dalam membantu pemerintahan mencerdaskan masyarakat. “Kita ada pelatihan keterampilan kepada kader kedepan. Kader ini dipersiapkan mengamalkan ilmunya pada rakyat,” katanya.
Mesakh juga menilai penggunaan dana hibah pada kegiatan kampanye ataupun semacamnya tidak diperbolehkan. “Hibah hanya betul-betul untuk kegiatan yang bermanfaat untuk kader dan rakyat, bukan kepentingan individu. Kami di PDIP mengunakan hibah itu untuk jenjang kader seperti tingkat pratama, madya dan utama, dan itu dilakukan sesuai kebutuhan,”imbuhnya.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Pemerintah Kota Makassar, Erwin Syafrudin Hayya mengatakan anggaran untuk partai politik sebesar Rp1,097 milliar itu bagian dari dana hibah Pemerintah Kota sekitar Rp80 milliar lebih pada 2017 mendatang. “Bantuan hibah parpol itu disesuaikan dengan jumlah perolehan suara saat pemilihan calon legislatif pada 9 April 2014 lalu,” beber Erwin. (ita/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top