Pilbup Sinjai Paling Diminati – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Pilbup Sinjai Paling Diminati

IST Andi Seto Gadista Asapa

MAKASSAR, BKM–Pemilihan bupati (Pilbup) Sinjai paling banyak diminati sejumlah politisi, birokrat, pengusaha hingga praktisi. Hinga kini sedikitinya 15 bakal calon (Balon) bupati sudah menyatakan kesiapannya untuk maju dan bertarung di Pilbup jika mendapat amanah dari masyarakat Sinjai.
Mereka diantaranya petahana bupati Sabirin M Yahya, anggota Fraksi Demokrat DPR RI Nasyit Umar, Wabup Andi Fajar Yanwar, politisi Partai Gerindra Andi Seto Gadista Asapa, tiga politisi Golkar masing-masing Mahyanto Masda, Zulkarnain Z Latif dan Mizar Rahmatullah Roem. Tak hanya itu juga ada nama pengusaha seperti Andi Harun, H Mansur dan H Jamaluddin.
Seto yang pernah bertarung di Pilbup 2013 lalu menjadi pemenang kedua setelah Sabirin yang berpasangan dengan Andi Fajar Yanwar.
Putra mantan bupati Andi Rudianto Asapa ini sudah membentuk tim dan relawan di Sinjai beberapa waktu lalu. Tak hanya itu, menantu dari Ketua Golkar Sulsel transisi HAM Nurdin Halid ini juga dikabarkan akan maju berpasangan dengan pengacara Mahyanto Mazda atau Mizar Rahmatullah yang tak lain adalah putra mantan Bupati Sinjai dua periode HM Roem.
Roem memimpin Kabupaten Sinjai sejak 1993 hingga 2003. Kemudian Rudianto Asapa memimpin Sinjai dari 2003 hingga 2013.
Pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) melihat kans Seto jauh lebih terbuka dibanding dengan bakal calon bupati lainnya. “Seto sudah memiliki investasi politik pada Pilkada lalu, apalagi saat ini mertuanya yang mengendalikan Golkar, sementara ayahnya merupakan elit Partai Gerindra di DPP,”ujar Suwadi Senin (16/1) kemarin. Meski demikian Suwadi menyarankan agar Seto harus mencari wakil yang mampu mendulang suara dari basis yang berbeda.
Wakil Ketua DPD Hanura Sulsel Imbar Ismail mengaku optimis bila Fajar Yanwar yang tak lain adalah Ketua DPC Hanura Sinjai akan mampu memenangkan Pilbup mendatang. “Hanura tetap optimis, Pak Wabup akan naik kelas,”jelas Imbar. (din/rif/d)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top