Sulselbar

KPRI Bakti Salurkan Rp5,6 M ke Anggota

RAT -- KPRI Bakti guru SD Kecamatan Maritenggae Watang Sidenreng, Sidrap menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Aula Panti Asuhan, Pangkajene, Sidrap, Senin, (16/1).

SIDRAP, BKM — Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bakti guru SD Kecamatan Maritenggae – Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap menyalurkan dana ke anggota koperasi tersebut sebesar Rp5,6 miliar pada tahun 2016 lalu.
Ketua KPRI Bakti Guru, Sangkala dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Aula Panti Asuhan, Pangkajene, Sidrap, Senin, (16/1) mengatakan, dana koperasi yang bergulir tahun ini lebih besar dibanding tahun sebelumnya.
“Tahun 2015, KPRI Bakti guru menyalurkan dananya sebesar Rp5 miliar. Pada 2016 sebesar Rp5,6 miliar, ada peningkatan dengan selisi sekitar Rp600 juta lebih,” ungkapnya.
Dana tersebut disalurkan kepada 225 anggota yang terdiri dari 162 guru SD Watang Sidenreng dan Maritenggae, dan 62 orang lainnya adalah pensiunan guru. Adapun modal anggota bervariasi antara Rp5 juta hingga Rp19 juta.
Agar koperasi tetap berjalan aman dan lancar sehingga bisa mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang baik pula, pengurus koperasi rutin melakukan penagihan terhadap anggota yang macet pembayarannya.
“Alhamdulillah, setelah kita melakukan penagihan akhirnya Rp160 juta dana koperasi masuk dari 39 anggota yang macet,” tambah Sangkala.
Jenis usaha KPRI Bakti yakni bergerak pada empat bidang usaha yakni Unit Simpan Pinjam, Barang Cicilan (Bacil), Pinjam Bejangka (Pijaka), dan Unit Pertokoan.
Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Sidrap, Andi Baharuddin menjelaskan, di Kabupaten Sidrap ada sekitar 366 kopresi yang tercatat pada 2016 lalu.
“Koperasi dari tahun ketahun terus meningkat. Makanya perlu ada kerja sama yang baik antara pengurus dan anggotanya jika mau kopersi tersebut sejahtera,” harapnya.
Beliau menambahkan, bahwa pada tahun ini pula pemerintah berencana menghidupkan kembali Koperasi Unit Desa (KUD) yang diketahui telah banyak gulung tikar. (ady/C).

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top