Jabatan DPRD Berebut Perjanjian Politik – Berita Kota Makassar
Politik

Jabatan DPRD Berebut Perjanjian Politik

IST Farouk M Betta

MAKASSAR, BKM–Struktur Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar pada Maret nanti akan dilakukan perombakan. Hal tersebut berdasarkan perjanjian sembilan fraksi di DPRD untuk membagi masa kerja AKD masing-masing dua setengah tahun periode legislatif 2014-2019.
Ketua DPRD Makassar, Farouk M Betta mengatakan perubahan struktur AKD akan dilakukan pada Maret mendatang, sebagaimana kesepakatan dan perjajian pada awal pelantikan 50 anggota DPRD Makassar. “Itu berdasarkan perjanjian di Fraksi. Jadi fraksi yang sudah mendapat jatah pimpinan AKD selama dua setengah tahun masa kerja, akan dibagi ke fraksi lain untuk masa kerja yang sama,”ujar Aru-panggilan akrab Farouk B Betta di ruang kerjanya kantor DPRD Makassar, Senin (16/1) kemarin.
Sekretaris Dewan (Sekwan), Adwi Umar membenarkan adanya perjanjian politik antara fraksi di lingkungan sekretariat dewan terkait pembagian masa kerja jabatan AKD. Kendati demikian ia mengaku hingga saat ini belum menerima nama-nama dari masing-masing fraksi, siapa anggota mereka yang akan didorong. “Nama-nama tersebut disetor ke sekretariat untuk dibacakan pada rapat sidang paripurna. Mungkin Februari baru fraksi setorkan,”terangnya.
Sejumlah AKD DPRD Makassar yang akan dirombak yakni, Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan yang saat ini dijabat Abdul Wahab Tahir (Golkar) Komisi B Bidang Ekonomi dijabat Amar Busthanul (Gerindra), Komisi C Bidang Pembangunan, Syarifuddin Badollahi (Demokrat) dan Komisi D Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Muzakkir Ali Djamil (PKS), Badan Legislasi dijabat Rahman Pina(Golkar), dan Badan Kehormatan dijabat Agung Wirawan(Demokrat).
Berdasarkan informasi lima AKD tersebut akan dirombak dengan struktur dari fraksi yang berbeda formatnya. Sekretaris Fraksi PPP, Fasruddin Rusli mengatakan PPP mendapat satu jatah pimpinan AKD untuk dua setengah tahun. Selain itu, PPP juga akan mendapay wakil ketua untuk Badan Kehormatan.
“Untuk pimpinan komisi pak Busra tetap yang akan mengisi, satu wakil ketua yakni BK namun belum kita bahas lebih jauh di fraksi karena kita ada lima kursi di DPRD Makassar,”tutupnya. (ita/rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top