Metro

Disdik Mulai Data Guru PNS

MAKASSAR, BKM — Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel berencana menarik guru SMA/SMK berstatus PNS yang mengajar di sekolah swasta. Penarikan itu bertujuan untuk pemerataan distribusi guru di sekolah negeri yang tersebar di seluruh Sulsel.
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengaku, banyak guru PNS yang mengajar di sekolah swasta, utamanya di sekolah yang secara finansial sangat baik, termasuk di sejumlah sekolah elit.
“Kami sementara melakukan pendataan. Belum ada angka pasti berapa guru PNS yang mengajar di sekolah swasta. Kami terus mengumpulkan data, ” ungkap lelaki yang akrab disapa None itu, saat dihubungi BKM, kemarin.
Namun, dia menekankan, guru PNS yang akan ditarik adalah mereka yang mengajar di sekolah swasta. Tapi, sekolah yang mampu alias bisa menggaji gurunya dengan baik, akan dipertimbangkan. Jadi, tidak semua guru PNS yang mengajar di sekolah swasta akan ditarik.
Misalnya, sebuah sekolah untuk skala manajemen mampu menggaji guru tanpa subsidi pemerintah, namun kekurangan sumber daya untuk mata pelajaran khusus, contoh Bahasa Jerman, maka Disdik tetap mempertimbangkan penarikan guru PNS disana jika memang betul-betul dibutuhkan.
None melanjutkan, Kota Makassar menjadi salah satu sasaran penarikan guru PNS ini. Pasalnya, sekolah swasta di Makassar rata-ata terbilang mapan dan mandiri untuk membayar guru non PNS.
“Kita tidak bisa pungkiri jika Kota Makassar adalah salah satu lumbung guru PNS yang mengajar di sekolah swasta elit,” ungkapnya.
Dia berjanji dalam waktu dekat sudah bisa menyampaikan berapa angka guru PNS yang akan ditarik dari sekolah swasta, setelah pihaknya merampungkan pendataan dan melakukan verifikasi terhadap yang bersangkutan. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top