Sulselbar

BPN Sidrap Jadi Pilot Project

H Awaluddin

SIDRAP, BKM — Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulsel menunjuk Kabupaten Sidrap sebagai daerah percontohan (Pilot Project) desa lengkap sertifikat tanah, bersama dua daerah lainnya yakni Gowa dan Makassar.
Percontohan diberikan kepada Desa Lancirang, Kecamatan Pitu Rawa, Kabupaten Sidrap. Di desa tersebut akan diterbitkan sertifikat dalam Program Nasional Agraria (Prona) 2017 sebanyak 1.500 sertifikat.
Kepala BPN Sidrap, Awaluddin mengatakan, Sidrap mendapatkan jatah 1.500 Prona dari pemerintah pusat yang khusus untuk Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Artinya, lahan warga di satu desa itu harus bersertifikat semua.
Ia mengatakan, BPN menunjuk Desa Lancirang sebagai wilayah PTSL karena telah memenuhi persyaratan mulai dari segi pendaftaran tanah, peta, hingga permasalahan ataupun sengketa.
“Semuanya sudah dilakukan pemetaan dan verifikasi sehingga Desa Lancirang memenuhi syarat untuk mendapatkan penerbitan 1.500 sertifikat Prona tahun ini sekaligus sebagai wilayah percontohan Desa lengkap sertifikat tanah di Sulsel,” kata Awaluddin, Senin (16/1).
Meski demikian, katanya sudah ada 20 desa sudah melakukan pendaftaran untuk mendapatkan prona namun yang diprioritaskan adalah Desa Lancirang yang memiliki objek lahan sekitar 2.000 bidang tanah, dan sudah terdaftar sekitar 500 objek.
“Mudah-mudahan ada tambahan jatah sehingga akan kembali melakukan pertimbangan dan analisa terkait desa mana lagi yang memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat tersebut,” ucapnya.
Sementara itu, pihak BPN Sidrap saat ini telah membentuk Satgas Yuridis dan Teknis. “Peran pemerintah setempat sangat kami harapkan dalam menyukseskan program ini,” tambahnya.
(ady/C))

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top