Petani Terancam Gagal Panen – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Petani Terancam Gagal Panen

BANTAENG, BKM — Ratusan petani Kelurahan Lamalaka Kecamatan Bantaeng resah karena terancam gagal panen. Permasalahan ini diadukan ke LSM Transparansi Kebijakan Pemerintah (TKP) Bantaeng.
Ketua LSM TKP, Aidil Adha, Sabtu (14/1), mengatakan, para petani tersebut mengeluh akibat sawah irigasi yang mereka garap tidak mendapat pasokan air. Dia menuding PDAM sebagai penyebab. Karena aiir yang bersumber di bendungan Bonto-bonto disuplay oleh perusahaan daerah air minum ini.
Menindaklanjuti aduan tersebut, Aidil bersama sejumlah aktifis menemui H Sahabuddin, Ketua DPRD setempat. “Kami sudah bertemu dengan Ketua DPRD dan menyampaikan persoalan yang melanda warga Lamalaka”, akunya.
Melalui Ketua DPRD, Aidil memberi tenggat waktu satu minggu untuk mengatasi persoalan yang mendera petani Lamalaka. “Kami memberi batas waktu satu minggu”, ujarnya.
Ketua DPRD Bantaeng berjanji akan menyampaikan aduan tersebut kepada para pihak. Baik Dinas Pertanian, Dinas PU dan Penataan Ruang, dan PDAM. “Insya Allah, kami akan meneruskan aduan ini kepada pihak terkait”, katanya.
Direktur Teknik PDAM Bantaeng, Musmulyadi, membantah tudingan tersebut. Dia mengatakan, bendungan Bonto-bonto sudah lama digunakan PDAM sebagai salah satu sumber air bersih. “Bonto-bonto sudah lama kami gunakan airnya untuk keperluan air bersih warga. Kenapa baru sekarang PDAM dituding sebagai penyebab kekeringan”, dalihnya. (wam/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top