Minimarket Diserang, Dua Motor Dibakar, Satu Bus Dirusak – Berita Kota Makassar
Headline

Minimarket Diserang, Dua Motor Dibakar, Satu Bus Dirusak

MAKASSAR, BKM — Tengah malam di Jalan Maccini, Kelurahan Karuwisi, Kota Makassar. Jarum jam menunjuk angka kurang lebih pukul 23.00 Wita.
Suara gaduh terdengar dari depan sebuah minimarket Indomaret. Sekelompok pemuda yang diperkirakan berjumlah lima orang tengah beraksi. Mereka menyerang minimarket tersebut. Termasuk Alfamart yang ada di dekatnya.
Seorang karyawan Indomaret, Aidil (27) tengah berjaga di tempat kerjanya. Warga Jalan Swadaya Alla-alla Lorong 3 nomor 6 ini tiba-tiba dihampir pelaku. Salah satu diantaranya meminta Aidil untuk segera memadamkan lampu di depan minimarket yang dijaganya.
”Setelah mereka keluar, saya langsung menutup pintu toko. Di luar, pelaku mengamuk. Mereka menyerang toko lainnya. Bahkan membakar motor saya dan motor teman saya,” terang Aidil yang ditemui di lokasi kejadian.
Pelaku tak puas dengan membakar dua motor dan menyerang dua Alfamart dan Indomaret. Mereka juga melakukan pelemparan terhadap sebuah mobil bus STIK Yapma Makassar. Kendaraan tersebut tengah terpakir di halaman kampus.
”Setelah beraksi, para pelaku langsung melarikan diri ke arah barat. Tak satupun saya kenali wajahnya,” ujar Aidil.
Tidak lama kemudian petugas Polsek Panakkukang tiba di lokasi. Mereka langsung melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Juga mencatat kerugian materil atas insiden ini.
Kapolsek Panakkukang, Kompol Dodik mengatakan, kasus penyerangan ini masih dalam penyelidikan. Polisi mengumpulkan keterangan sejumlah saksi.
”Keterangan yang kami peroleh, penyerangan berlangsung secara tiba-tiba. Dilakukan kelompok orang tak dikenal. Kasusnya kami tindaklanjuti,” kata Dodik, malam itu.
Dia kemudian merinci kerugian yang dialami korban dalam peristiwa ini. Salah satunya kendaraan roda dua milik Aidil yang dibakar pelaku.
Motor Honda Sonic 150 R DD 5310 QP, warna hitam itu jadi sasaran amukan pelaku saat diparkir di depan minimarket. Kobaran api yang membakarnya hanya menyisakan rangka.
Sementara satu motor lainnya yang dibakar adalah milik Aswim Ramadhan. Beruntung, kendaraan Honda Vario 150 DD 5982 RP itu hanya terbakar pada bagian saringan udaranya. Kondisinya masih bisa digunakan.
”Ada empat kerusakan yang terjadi. Tiga kendaraan dirusak. Dua diantaranya motor yang dibakar pelaku. Satu lainnya mobil bus milik STIK Yapma. Dilempari batu hingga mengakibatkan kaca bagian samping pecah. Empat balon lampu minimarket juga dilempari hingga pecah,” jelas Dodik.
Tak butuh waktu lama bagi polisi untuk menangkap para pelaku. Berbekal rekaman CCTV milik minimarket yang diserang, petugas langsung mengantongi identitas para pelaku. Setelah keberadaannya terlacak, polisi kemudian mengejar dan menangkapnya.
Dipimpin Dantim Aiptu Yansen Siregar, Tim Resmob Unit Reskrim Polsek Panakkukang berhasil menangkap kelima pelaku, Minggu dinihari (16/1). Mereka adalah Ahmad Bachtiar alias Ahmad Ahmad (29). Muhammad Ichsan alias Iccank (18). Muslimin Bachtiar alias Mimink (17). Dan Wardidi alias Didi (19). Keempat warga Jalan Maccini Raya. Sementara satu lainnya, Syamsul Bahri alias Sul (23), warga Moncongloe.
”Para pelaku ditangkap di wilayah Sudiang, Kecamatan Biringkanaya. Selanjutnya dibawa ke mapolsek untuk pemeriksaan lebih lanjut,” terang Kapolsek.
Dari hasil interogasi sementara, lanjut mantan Kapolsek Biringkanaya ini, pelaku mengaku melakukan aksinya lantaran terpengaruh minuman keras (miras) tradisional jenis ballo.
“Jadi pengakuannya, mereka mabuk sehingga melakukan pengruskan. Tapi kami masih terus dalami kasusnya,” tandas Dodik.
Dalam waktu yang hampir bersamaan, kira-kira pukul 01.00 Wita, Minggu (26/1), sebuah kecelakaan lalulintas terjadi di Jalan Urip Sumoharjo. Tepatnya depan kantor Gabungan Dinas-dinas Kota Makassar.
Peristiwa terjadi ketika sekelompok pemotor tengah kejar-kejaran. Nahas menimpa salah satu diantaranya. Ia menabrak trotoar hingga terpental menyeruduk sebatang pohon. Ironisnya, gigi penunggang motor tersebut menempel di batang pohon.
Warga sekitar langsung keluar rumah. Namun, kelompok bermotor tersebut sudah meninggalkan lokasi. Termasuk yang mengalami kecelakaan.
Warga yang membawa senter melakukan pengecekan di lokasi. Jangan-jangan ada korban. Tapi ternyata tidak ada.
Yang mengejutkan, karena di sebatang pohon didapati lima gigi manusia yang menempel. Kuat dugaan, gigi tersebut milik anggota geng motor yang kecelakaan. Dan setelah kejadian, korban langsung dibawa kabur oleh rekan-rekannya.
Salah seorang warga bernama Yono, mengaku mendengar suara ribut-ribut dan dentuman keras. Kuat dugaan itu kelompok geng motor.
”Karena penasaran, saya langsung keluar. Sempat saya lihat seorang pengendara seharunya menikung. Tapi malah tancap gas lurus hingga menabrak trotoar. Pengendaranya terpental ke batang pohon. Kemungkinan di situlah mulutnya terbentur, sehingga lima giginya menempel di batang pohon,” ujar Yono. (ish/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top