Kuota Haji Sidrap Kembali Normal – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Kuota Haji Sidrap Kembali Normal

SIDRAP, BKM — Bagi masyarakat di Kabupaten Sidrap yang masuk daftar tunggu Calon Jemaah Haji (CJH) satu hingga dua tahun mendatang, kini tak perlu khawatir lagi. Pasalnya kuota Haji khusus Sidrap kembali dinormalkan muali 2017 ini.
Pemberangkatan CJH Sidrap akan kembali normal. Pasalnya, tahun ini pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji Indonesia sebesar 52.200 jemaah, termasuk Sulsel sekitar 1.444 jemaah.
Kasi Haji Kanwil Kemenag Sulsel, Dr KH Kaswad Sartono M.Ag saat menghadiri Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Pondek Pesantren (Ponpes) DDI As-Salman Allakuang milik CEO Fajar Group HM Alwi Hamu, Sabtu, (14/1) akhir pekan kemarin.
Kaswad Sartono mengatakan, dengan bertambahnya kuota haji Indonesia, otomatis akan mengurangi antrean daftar tunggu haji di Sulawesi Selatan, termasuk Sidrap yang daftar tunggunya mencapai 43 tahun.
“Sebelumnya kuota haji Sulsel yakni 5.777 jemaah. Sekarang sudah bertambah 1.444 jemaah menjadi 7.221 jemaah. Adapun Ongkos Naik Haji (ONH) saat ini belum diketahui secara pasti, yang jelasnya jika hal itu sudah ada dari pemerintah pusat maka kita akan segera umumkan,” ucapnya.
Untuk Sidrap akan kembali normal yakni 251 jemaah yang sebelumnya mendapat potongan kuota 20 persen menjadi 201 jemaah.
“Kuotanya Sidrap bertambah 50 jemaah dan sudah kembali normal yang sebelumnya hanya 201 jemaah karena ada pemotongan 20 persen dari pemerintah Arab Saudi,” tambahnya.
Kepala Kemenag Sidrap, H Kaharuddin Aras membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, daftar tunggu haji saat ini mencapai 43 tahun dengan jumlah 8.635 jemaah. Ia mengatakan, dengan kembalinya normal kuota haji Sidrap maka daftar tunggu otomatis berkurang.
“Betul, Sidrap akan mendapatkan tambahan kuota sekitar 50 jemaah. Jadi yang akan berangkat tahun ini sekitar 251 jemaah,” tandasnya. (ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top