Berita Kota Makassar | Intens Promosikan Kawasan Wisata Adat
Sulselbar

Intens Promosikan Kawasan Wisata Adat

MAKALE, BKM — Promosi wisata intens digenjot Pemkab Tana Toraja sebagai upaya meningkatkan wisatawan agar mereka berkunjung ke Toraja. Sosialisasi dilakukan dari tahun ketahun.
Kepala Bidang Promosi Pariwisata Ny Rospita Napa Biringkanae kepada BKM Sabtu (14/1) mengatakan
salah satu obyek dipromosikan Kawasan Wisata Bebo`dan Tumbang Datu. Keduanya merupakan kawasan wisata perkampungan adat di Kecamatan Sangalla Utara sekitar 7 km dari Kota Makale, dan akhir pekan ramai dikunjungi para wisatawan karena memiliki cerita sejarah perjuangan.
Dalam kawasan Bebo`dan Tumbang Datu ditemukan deretan Tongkonan atau rumah adat Toraja memiliki multi fungsi, selain tempat upacara rambu solo dan rambu tuka` juga tempat pertemuan keluarga bahas persoalan sedang terjadi.
”Dalam kawasan juga ditemukan pemakaman purba, kuburan bayi di atas pohon dan benteng pertahanan,” terang Rospita.
Ketua Deskranasda Tator ini menambahkan lokasi kawasan wisata sejarah tersebut sangat strategis dan infrastruktur jalannya sudah baik sehingga mudah dijangkau oleh siapa saja.
Di kawasan tersebut juga terdapat pohon cendana rindang yang memiliki cerita dan makna melambangkan jika dibawa pohon pernah dilakukan perjanjian kepala suku Basse Kasalle sekitar tahun 1683 silam dengan perwakilan suku lain.
Pada traktat tersebut dihadiri semua perwakilan kelompok adat yang di Toraja disepakati banguk kekuatan kelompok perang diberi nama “To Pada Tindo”.
Setelah kelompok tersebut sepakat bergerilya mengadakan mereka mengadakan pertemuan rahasia bangaun strategis perang dengan sebuah ikrar “Misa Kada Diputuo Pantan Kada Dipomate.
Peperangan pecah dan berjalan alot dari semua lini ahirnya dimenangkan kelompok To Pada Tindo dipimpin Marabiang dan Tumbang Datu sehingga keduanya sepakat bentuk perkampungan sejarah dan adat yang lebih dikenal Bebo`dan Tumbang Datu,”sebut Rospita (gus/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top