Politik

Dewan Minta PU dan PDAM Data Proyek Pipa

IST Herdinang

LUTIM, BKM–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur meminta dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman (PU) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk melakukan pendataan ulang terhadap proyek perpipaan yang ada di Luwu Timur ini.
Permintaan tersebut disampaikan Wakil ketua DPRD Luwu Timur, HM Siddiq BM pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) soal rekruitmen calon Direksi PDAM yang berlangsung diruang rapat komisi, Jum’at (13/1).
Dalam RDP juga terungkap jika sejumlah proyek perpipaan yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dinilainya tidak berfungsi dengan baik, sehingga diminta dinas terkait agar duduk bersama menyelesaikan persoalan itu.
Legislator Partai Nasdem itu juga meminta hasil pendataan tersebut nantinya dapat dikonsultasikan ke pemerintah pusat agar tidak lagi menurunkan anggaran khusus perpipaan jika kondisinya masih seperti ini. “Ada pipa yang telah tertanam, tetapi tidak ada airnya padahal anggaran cukup besar hingga miliaran rupiah. Oleh karena itu, dinas terkait terlebih dahulu mendata ulang setelah itu dikoordinasikan kepemerintah pusat,”jelas Siddiq.
Siddiq juga menyarankan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar membuat rencana air bersih tersebut dengan harapan dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Soalnya, kata Siddiq, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengeluh soal air bersih ini.
Selain Siddiq, legislator Partai Demokrat, Herdinang juga menyampaikan hal yang sama. Dirinya menyarankan agar dinas terkait juga mendata proyek Perpipaan yang ada didesa Bantilang, kecamatan Towuti. “Sampai hari ini warga yang ada disana (Bantilang) masih menggunakan air sumur untuk kebutuhan sehari-harinya, padahal ada jaringan air bersih (pipa) tetapi tidak difungsikan,”pungkas Herdinang. (alp/rif/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top