Metro

Syahrul Terima Penghargaan Penggerak TPAKD

JAKARTA, BKM — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, menerima penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kategori Penggerak Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Teladan 2016.
Penghargaan diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo pada acara Pertemuan Presiden RI dengan Perwakilan Industri Jasa Keuangan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/1).
Penghargaan Penggerak TPAKD Teladan 2016 merupakan penghargaan pertama yang diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel di awal tahun 2017 ini. Sulsel dianggap berprestasi dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 8,05 persen dan membuka akses-akses keuangan usaha kecil dan mikro yang beresonansi langsung terhadap sektor jasa keuangan lainnya.
Presiden RI, Joko Widodo, dalam sambutannya mengaku bangga terhadap Provinsi Sulsel. Ia juga meminta agar provinsi lain di Indonesia belajar dan meniru Sulsel dan senantiasa optimistis menatap perekonomian Indonesia.
Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, menyampaikan, penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa semua sudah bekerja keras. Penghargaan tersebut merupakan hasil kerja semua pihak, para bupati dan walikota, perbankan serta OJK.
“Yang pasti, semua pihak harus memastikan program 3M 1B (Maju, Mandiri, Modern, dalam Kebersamaan) tetap berjalan karena telah memberikan kemajuan di pertumbuhan ekonomi. Semua pihak juga harus memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Sulsel harus tetap kisaran 7 – 8 persen. Kita harus kerja keras lagi untuk menjaga pencapaian ekonomi 7 – 8 persen, dan ini tidak mudah,” kata Syahrul.
Sebelumnya, Kepala Biro Perekonomian Sulsel, Sukarniaty Kondolele, mengatakan, TPAKD yang berada dibawah koordinasi Biro Perekonomian Setda Provinsi Sulsel dibentuk pada 30 Maret 2016 melalui Surat Keputusan Gubernur Sulsel. Penghargaan Penggerak TPAKD Teladan 2016 diberikan kepada pimpinan daerah yang secara nyata memiliki komitmen dan peran aktif dalam mengawal program TPAKD 2016 melalui pengembangan dan perluasan akses keuangan pada sektor prioritas.
“Salah satunya adalah melakukan akselerasi pembiayaan pada sektor prioritas daerah melalui Gerakan 3 x 1000 Fasilitasi Akses Kredit UMKM Binaan Pemerintah Daerah di Sektor Pertanian dan Perikanan; Mendorong Realisasi KUR dan Kredit UMKM, serta Pembentukan Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) di Sulsel,” jelas Sukarniaty. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top