Posisi NH Sudah Aman, Ichsan, NA dan Agus Masih Rawan – Berita Kota Makassar
Politik

Posisi NH Sudah Aman, Ichsan, NA dan Agus Masih Rawan

IST AMAN--Ketua DPD I Golkar Sulsel transisi HAM Nurdin Halid mengunjungi pasar yang ada di Kota Palopo baru-baru ini. Nurdin dipastikan aman maju di Pilgub Sulsel 2018 mendatang jika DPP Golkar menetapkan dirinya sebagai cagub.

MAKASSAR, BKM–Sejumlah bakal calon (Balon) Gubernur Sulsel masih belum aman mendapatkan dukungan partai politik sebagai syarat untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang.
Dari sekian banyak balon Gubernur, baru Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulsel transisi HAM Nurdin Halid (NH) yang sudah aman jika diusung partainya sendiri. Sebab Golkar mengontrol 18 dari 85 kursi yang ada di DPRD Sulsel, sementara syarat untuk maju minimal mendapat dukungan 17 kursi di parlemen.
Saat ini, NH semakin dekat dengan kubu anggota DPD RI H Abd Aziz Qahhar Mudzakkar untuk posisi calon wakil Gubernur Sulsel mendatang. Pekan lalu, NH menunaikan ibadah umroh bersama tim Aziz Qahhar.
Adapun Ichsan Yasin Limpo (IYL) disebut berpeluang mendapat usungan dari Partai Gerindra yang mengontrol 11 kursi, Partai Nasdem dengan 7 kursi serta dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga dengan 7 kursi. Jika Gerindra lepas dari tangan mantan Bupati Gowa dua periode, maka Ichsan akan semakin kesulitan maju di Pilgub nanti.
Ichsan disebut lebih berpeluang menggandeng Rusdi Masse, Akbar Faisal atau Andi Mudzakkar sebagai calon wakil.
Sementara itu, Nurdin Abdullah (NA) juga disebut lebih berpeluang mendapat usungan Partai Demokrat pemilik 11 kursi, PAN 9 kursi dan PKS 6 kursi. NA juga masih rawan bilamana PAN atau Demokrat lepas dari tanggannya. NH menyatakan lebih pas maju bersama Ahmad Tanribali Lamo sebagai calon wakilnya.
Sementara itu, Agus Arifin Nu’mang disebut berpeluang mendapat dukungan partai papan tengah seperti Hanura yang mengontrol 6 kursi, PDIP 5 kursi, PKB 3 kursi, PKPI dan PBB masing-masing 1 kursi. Bilamana Agus tak berhasil mendapat dukungan baik dari Partai Gerindra, PAN ataupun PPP, maka Wakil Gubernur Sulsel dua periode ini dipatikan tidak maju di Pilgub.
Wiliyadi dari Citra Komunikasi (Cikom) sebuah lembaga dibawah bendera PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengaku bila peluang Agus untuk maju tetap terbuka lebar. Menurutnya, Agus akan mendapat dukungan parpol yang cukup untuk maju nanti. “Kalau soal dukungan partai, yakinlah bagi pak Agus akan cukup,”ujar Adi, Jumat (13/1) kemarin.
Optimisme yang sama juga disampaikan Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir terkait peluang NA mendapat usungan parpol. “Kalau soal parpol usungan Pak Prof NA, akan lebih dari yang ditargetkan,”jelas Suwadi kemarin.
Peneliti dari Jaringan Suara Indonesia (JSI) Andi Irfan Jaya menyampaikan optimismenya bila Ichsan ikut bertarung untuk posisi calon Gubernur. “Soal partai, diyakini juga akan cukup,”jelasnya. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top